Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas di Pameran Jalur Rempah, Lihat Pameran dan Konser

Kompas.com - 11/12/2023, 12:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengenalkan jalur rempah pada masyarakat, sebuah pameran bertajuk Jalur Rempah: Rumah Rempah Dunia digelar di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat.

Diadakan oleh Museum dan Cagar Budaya (MCB) atau Indonesian Heritage Agency (IHA), pameran ini dapat dikunjungi hingga akhir Desember 2023, tepatnya dari Sabtu (9/12/2023) sampai Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Pameran Jalur Rempah Digelar di Jakarta, Cuma sampai 31 Desember

“Jalu Rempah ini adalah jalur perdagangan dari Nusantara ke daerah-daerah di Asia, Eropa, bahkan hingga Afrika,” kata Edukator Pameran Jalur Rempah, Junia saat ditemui di lokasi, Minggu (11/12/2023). 

Ia menambahkan, jalur rempah lebih dari sekedar perdagangan, melainkan di dalamnya terdapat proses pertukaran bahasa, budaya, dan agama. 

Pameran Jalur Rempah digelar setiap hari. Pada hari Senin-Jumat dibuka pukul 10.00 WIB-16.00 WIB, sedangkan saat akhir pekan dibuka pukul 11.00 WIB-21.00 WIB. 

Untuk mengunjungi pameran ini, masyarakat dapat membeli tiket dengan tarif Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak secara daring atau langsung di tempat.

Baca juga:

Aktivitas di Pameran Jalur Rempah di Jakarta

1. Menambah wawasan dari pameran

Bagian dalam ruang Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Para pengunjung melihat-lihat koleksi pameran Jalur Rempah pada hari Minggu (10/12/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Bagian dalam ruang Pameran Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat, pada 9-31 Desember 2023. Para pengunjung melihat-lihat koleksi pameran Jalur Rempah pada hari Minggu (10/12/2023).

Pameran ini menghadirkan enam instalasi utama yaitu Area Koleksi Jalur Rempah, Replika Bas Relief Borobudur, Herbarium Tanaman Rempah, Instalasi Peta Interaktif Jalur Rempah, Panel Aplikasi Rempah Internasional, dan Instalasi Interaktif Replika Kapal Borobudur.

Obyek yang ditampilkan dalam pameran berjumlah 35 buah, dari prasasti, aneka rempah, hingga mata uang kuno yang berkaitan dengan rempah-rempah di Nusantara.

Kamu bisa menambah pengetahuan dengan membaca dengan cermat keterangan yang ada di tiap koleksi.

Untuk lebih melengkapi, coba pindai kode QR yang ada di dinding pameran untuk memperoleh buklet lengkap pameran Jalur Rempah.

Selain itu, kamu bisa meminta tur singkat atau informasi tentang koleksi kepada staf dan edukator di lokasi.

Baca juga: Mengenal Urang Laut di Jelajah Pesona Jalur Rempah 2023 Belitung Timur

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com