Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Buka Rute Denpasar-Kupang PP, Tiga Kali Seminggu

Kompas.com - 16/12/2023, 21:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Maskapai penerbangam Indonesia AirAsia resmi mengoperasikan penerbangan langsung pertama yang menghubungkan Denpasar, Bali dengan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) per Sabtu (16/12/2023). 

Penerbangan ini dapat mempermudah konektivitas jalur udara bagi masyarakat dari dan menuju Kupang.

“Peresmian penerbangan perdana ini membuktikan komitmen Indonesia AirAsia yang terus melebarkan konektivitas jaringan udara,” kata Direktur Operasi Indonesia AirAsia Wuri Septiawan dalam keterangan resmi, Sabtu (16/12/2023).

Baca juga: AirAsia Adakan 25.200 Kursi Tambahan untuk Libur Akhir Tahun

Dibukanya penerbangan ini, kata dia, juga merupakan salah satu bentuk dukungan Indonesia AirAsia dalam membuka gerbang dan memperkenalkan pariwisata provinsi NTT melalui Kupang, setelah sebelumnya dibuka rute ke Labuan Bajo dari Jakarta dan Denpasar.

Wuri menambahkan, adanya penerbangan ini juga dapat mendorong keinginan wisatawan domestik maupun mancanegara seperti Australia, Malaysia, Singapura, dan Thailand untuk menjelajahi keindahan pariwisata Kupang, NTT melalui Denpasar, Bali.

Begitu pun dengan masyarakat Kupang yang ingin bepergian melalui Denpasar, Bali untuk melanjutkan perjalanannya ke berbagai destinasi baik domestik maupun internasional seperti Surabaya, Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok, dan Perth.

Jadwal Indonesia AirAsia Denpasar-Kupang pp

Berikut jadwal penerbangan maskapai Indonesia AirAsia rute Denpasar-Kupang pulang pergi:

  • Pesawat nomor QZ 632 berangkat dari Denpasar pukul 5.10 WITA dan tiba di Kupang pukul 17.05 WITA
  • Pesawat nomor QZ 633 berangkat dari Kupang pukul 17.30 WITA dan tiba di Denpasar pukul 19.20 WITA
  • Frekuensi terbang tiga kali seminggu, yaitu setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu

Tiket penerbangan dengan rute Denpasar (DPS) ke Kupang (KOE) sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), laman airasia.com, AirAsia Travel & Service Center (ATSC), biro perjalanan online, dan agen penjualan tiket resmi lainnya.

Ilustrasi Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT).Dok. Shutterstock/Thomas Andy Ilustrasi Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

Penerbangan perdana

Penerbangan perdana dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Internasional El Tari, yang mendarat pada pukul 17:05 WITA mendapatkan sambutan water salute saat kedatangannya.

Penerbangan Indonesia AirAsia dengan kode QZ 632 ini juga sukses mengangkut penumpang dengan tingkat keterisian 100 persen atau sebanyak 180 penumpang.

Baca juga: Keindahan Pantai Kelapa Lima di Kupang yang Dikunjungi Presiden Jokowi

“Kami menyambut baik inisiatif Indonesia AirAsia atas pembukaan rute Denpasar-Kupang. Semoga penerbangan ini dapat menjadi simbol konektivitas yang semakin erat, membuka pintu peluang dan menghubungkan pariwisata Nusa Tenggara Timur yang penuh potensi kepada wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Asisten I Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bernadeta Meriani Usboko. 

Pariwisata Kupang memiliki daya tarik tersendiri berupa wisata bahari, alam, budaya, dan sejarah, misalnya Air Terjun Oenesu, Pantai Tablolong, Gua Kristal, dan Pantai Manikin.

Wajah baru kawasan Pantai Kelapa Lima di Kota Kupang, NTT, usai dilakukan penataan.Dok. Kementerian PUPR Wajah baru kawasan Pantai Kelapa Lima di Kota Kupang, NTT, usai dilakukan penataan.

Wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa pilihan wisata provinsi Nusa Tenggara Timur lain melalui Kupang seperti Pulau Rote dan Pulau Sabu, daratan Timor, Alor ke Sumba dan Flores.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur, mulai dari Januari hingga Oktober 2023 tercatat sekitar 500.000an wisatawan telah mengunjungi sejumlah kawasan wisata di NTT. 70 persennya merupakan wisatawan mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com