Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Pantai Pandawa Bali, Dikelilingi Batu Kapur Eksotis

Kompas.com - 24/07/2023, 07:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bali dikenal dengan pantai-pantainya yang eksotis dan memiliki daya tarik tersendiri. Termasuk salah satunya adalah Pantai Pandawa.

Pantai yang berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini menyimpan keindahan khasnya, yakni jalur menuju pantai yang membelah tebing-tebing kapur dan air lautnya yang biru jernih.

Baca juga: 10 Pantai di Bali yang Terkenal untuk Liburan Sekolah 

Dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, jaraknya sekitar 20 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan selama 40 menit.

Sebelum berkunjung, ketahui dulu sejumlah fakta tentang Pantai Pandawa berikut.

Fakta Pantai Pandawa

1. Dijuluki "pantai rahasia"

Pantai Pandawa juga dikenal dengan nama "secret beach" atau pantai rahasia karena letaknya yang relatif tersembunyi di balik bukit-bukit berbatu, seperti dikuti dari Love Bali yang dikelola Pemerintah Provinsi Bali.

Kendati demikian, akses ke Pantai Pandawa kini semakin mudah dicapai dengan kendaraan bermotor.

Baca juga: 6 Pantai di Bali Barat, Asri dan Belum Banyak Dikunjungi

Bukit-bukit kapur yang berderet dan menjulang menuju ke pantai ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi turis, serta menciptakan pemandangan eksotis yang menarik untuk diabadikan.

2. Diambil dari nama pewayangan

Ketika pertama kali mendengar nama "Pantai Pandawa", sebagian besar dari kita mungkin sudah langsung mengacu pada tokoh pewayangan Panca Pandawa.

Patung pandawa lima di area Pantai Pandawa Bali.KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Patung pandawa lima di area Pantai Pandawa Bali.

Faktanya, seperti dikutip dari Kompas.com (28/2/2014), di tepi Pantai Pandawa memang terdapat patung-patung Pandawa Lima yang berjejer dan diukir dengan indah.

Di sana, kita bisa melihat patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa berjajar menghiasi tebing kapurnya.

3. Cocok untuk menyaksikan matahari terbit

Letaknya yang berada di timur Pulau Bali membuat Pantai Pandawa bisa dijadikan opsi untuk menyaksikan panorama matahari terbit alias sunrise.

Jika berencana berburu sunrise di Pantai Pandawa, pastikan kamu mengetahui waktu yang pas sehingga tak ketinggalan momen tersebut. Sebab, terbitnya fajar bisa berubah dari waktu ke waktu.

Baca juga: Bali Masuk 3 Besar Daftar Pulau Tervaforit di Dunia 2023

4. Cocok buat menepi

Tampilannya yang unik membuat Pantai Pandawa sangat cocok dijadikan spot berfoto. Apalagi, pantai ini juga punya air laut yang biru dan begitu jernih.

Namun, selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas lain di Pantai Pandawa, seperti menyaksikan paralayang dan motor trail di atas bukit, serta menikmati panorama indahnya sambil bersantai.

Pantai ini juga cocok dijadikan destinasi bagi para pelancong yang mencari tempat untuk menepi sejenak, karena tak terlalu ramai jika dibandingkan dengan beberapa pantai populer di Bali, seperti Kuta, Sanur, dan Seminyak.

Namun, hindari waktu berkunjung pada periode liburan dan akhir pekan. Sebab, popularitas pantai yang semakin meluas membuat semakin banyak pula pengunjung berdatangan ke pantai ini.

Baca juga: 6 Tempat Melihat Tari Kecak di Bali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com