Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru 2024, KCIC Sediakan 20.000 Tiket Kereta Cepat Whoosh Per Hari

Kompas.com - 19/12/2023, 21:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2024, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyediakan 20.000 tiket Kereta Cepat Whoosh per hari. Hal ini disampaikan oleh Manajer Corporate Communication KCIC, Emir Monti.

"Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur, KCIC telah menyiapkan lebih dari 20.000 tempat duduk Kereta Cepat Whoosh setiap harinya selama masa liburan Nataru," ujar Emir dalam keterangan yang Kompas.com terima, Kamis (19/12/2023).

Ia mengatakan, KCIC telah melakukan berbagai persiapan menyambut periode Nataru. Beberapa di antaranya pengecekan berkala terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian, seperti EMU, listrik aliran atas, dan rel.

Baca juga: Wisata ke Bandung Naik Kereta Cepat Whoosh, Turun di Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar

Penyiapan fasilitas di masing-masing stasiun dan kesiapan SDM operasional juga telah menjadi fokus utama perusahaan.

"Peningkatan pelayanan juga terus akan dilakukan seperti penambahan lokasi kuliner, penyediaan ornamen khusus di stasiun, penambahan destinasi wisata yang bekerjasama, dan lainnya," tutur Emir. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Di Stasiun Halim sendiri, ia menjelaskan, saat ini sudah menyediakan lebih dari 70 tenant, dengan 66 tenant di antaranya merupakan UMKM.

Lebih lanjut, ia menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada liburan akhir tahun kali ini.

Baca juga: Deretan Fasilitas Whoosh untuk Penyandang Disabilitas, Gate hingga Kursi

"Kehadiran Kereta Cepat Whoosh di tahun 2023 ini akan memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi masyarakat yang ingin berlibur di wilayah Bandung atau Jakarta dan sekitarnya melalui perjalanan yang singkat dan ketepatan waktu yang dapat diandalkan," ujarnya. 

Jadwal kereta cepat Whoosh

Kereta Cepat Whoosh dioperasikan dengan jadwal dari pukul 06.15 WIB hingga pukul 20.30 WIB setiap harinya.

Pada jam sibuk seperti pagi dan sore hari Kereta Cepat Whoosh memiliki headway di 25-35 menit, sedangkan di luar jam sibuk memiliki headway di 50-60 menit.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk Rombongan, Minimal 20 Orang

"KCIC akan mengevaluasi pola operasi secara rutin dimana sewaktu-waktu terjadi peningkatan jumlah penumpang, akan dilakukan penambahan perjalanan," terang Emir. 

Untuk jadwal lengkap kereta cepat Whoosh terbaru, bisa dilihat melalui laman berikut ini. https://www.instagram.com/p/C0i2u6CJxpr/

Harga dan cara beli tiket kereta cepat Whoosh

Berikut harga tiket Kereta Cepat Whoosh sesuai dengan kelas kursi yang berlaku mulai 1 Desember 2023:

Kereta Cepat Whoosh saat terparkir di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa BaratKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Kereta Cepat Whoosh saat terparkir di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

First Class

  • Senin-Kamis: Rp 600.000
  • Jumat-Minggu: Rp 600.000

Business Class

  • Senin-Kamis: Rp 450.000
  • Jumat-Minggu: Rp 450.000

Premium Economy Class

  • Senin-Kamis: Rp 200.000
  • Jumat-Minggu: Rp 250.000

Masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun menggunakan Kereta Cepat Whoosh, tiketnya sudah bisa dipesan mulai h-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat Whoosh.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tembus 18.000 Penumpang dalam Sehari, Tertinggi sejak Beroperasi Komersial

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, Ticket Vending Machine, dan channel resmi mitra KCIC yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com