Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Akuarium Indoor Pertama di Tangerang Selatan, Ada 25.000 Biota Laut

Kompas.com - 20/12/2023, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisatawan yang tengah mencari tempat wisata edukasi ramah keluarga, bisa coba datang ke Bintaro Jaya Xchange (BXC) Mall II di Tangerang Selatan, Banten. 

Di lantai B1 dan B2, terdapat akuarium indoor pertama di Bintaro, dengan perjalanan yang diklaim terpanjang di Indonesia. 

Meski BXsea bukan akuarium indoor pertama di Indonesia, pihak pengelola menyebut tempat mereka memiliki sejumlah keunikan dan daya tarik berbeda dari para pendahulunya.

Baca juga: Wahana Oceanarium BXSea Bintaro Resmi Dibuka, Ketemu Biota Laut di Mal

Salah satunya karena memiliki tunnel terbesar di Asia Tenggara, dan area Exotic Rain Forest terbesar di Indonesia. 

"Akuarium kami memiliki berbagai keunikan. Pertama memiliki tunnel terbesar di Asia Tenggara, sangat luas. Kedua kami juga ada Amphitheater dan Exotic Rain Forest, hutan hujan bernuansa Kalimantan," ujar Manager Unit BXsea Sri Agung Agus Putranto kepada Kompas.com, Jumat (15/12/2023). 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Harga tiket masuk BXSea saat weekday adlaah Rp 150.000, sedangkan weekend Rp 175.000. Tiket bisa dibeli secara online melalui website BXsea atau bisa juga langsung di lokasi.

Menjajal akuarium indoor pertama di Tangerang Selatan

Beberapa waktu lalu, Kompas.com berkesempatan menjelajahi BXSea, akuarium indoor yang baru saja melakukan soft opening pada Jumat (15/12/2023). 

Tempat yang terdiri dari dua lantai seluas 7.354 meter persegi ini nantinya akan menjadi rumah bagi 25.000 biota air dari 140 spesies. Namun, saat ini, baru ada sekitar 17.000 biota laut dan belum semua tangki akuarium terisi.

Baca juga: Oceanarium BXSea Bintaro: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Setelah membeli tiket, pengunjung harus scan barcode tiket di gate sebelum masuk. Meski sempat agak macet, ada staf yang siap sedia membantu. 

Beberapa langkah dari gate masuk, pengunjung disambut dengan video mapping berupa ombak yang terasa nyata, seolah sedang di pantai. 

Wisata edukasi biota laut pertama di Tangerang Selatan, BXSea, yang berada di Bintaro Jaya XChange Mall 2, Tangerang Selatan. Suasana pada hari pertama soft opening, Jumat (15/12/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROH ITSNAINI Wisata edukasi biota laut pertama di Tangerang Selatan, BXSea, yang berada di Bintaro Jaya XChange Mall 2, Tangerang Selatan. Suasana pada hari pertama soft opening, Jumat (15/12/2023).

Selanjutnya, pengunjung akan menemukan berbagai macan terarium berukuran kecil dan sedang, berisi ikan warna-warni, kuda laut, serta kepiting kecil. Terus berjalan menyusuri akuarium, terdapat satu kotak yang memiliki panel kaca di bagian bawah.

Nantinya, pengunjung akan bisa melihat aneka ikan berenang di bawah, dengan kaca yang memisahkan kaki dengan air akuarium. Sayangnya, saat itu belum ada ikan yang dimasukkan, sehingga baru terlihat air biru jernih.

Baca juga: 5 Aktivitas di BXSea Bintaro, Lihat 25.000 Biota Laut Akuarium Indoor

Pada area kaca ini, di bagian atasnya terdapat video mapping berisi aneka biota laut seperti hiu dan ikan pari yang berenang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com