Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Museum Horor Indonesia di Yogyakarta, Bisa Lihat Barang Antik

Kompas.com - 22/12/2023, 15:19 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pencinta aktivitas pemicu adrenalin bisa mampir ke obyek wisata baru di Yogyakarta, Museum Horor Indonesia, yang bakal hadir selama periode libur Natal dan tahun baru 2024.

Museum ini menghadirkan 500 sampai 1.000 benda antik. Lokasinya ada di seberang Kantor DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Salah satu inisiator Museum Horor Indonesia, Mukhammad Washar Wasesa menjelaskan, tempat ini tidak hanya menghadirkan benda-benda bernuansa horor, tetapi juga menciptakan tempat dengan suasana yang membuat bulu kuduk berdiri.

"Awalnya, bertemu dengan pemilik Rumah Hantu Indonesia dua pekan lalu dan kebetulan saya punya banyak koleksi benda antik," ungkap Washar, Jumat (22/12/2023).

Setelah bertemu ini munculah ide untuk membuat museum yang berisi benda antik peninggalan masa lalu, seperti era Kerajaan Hindu-Buddha, Majapahit, Dinasti Syailendra, Jawa, dan China dan Eropa.

"Yang menonjol mungkin Al-Qur'an buatan tahun 1.700-an, karena itu ditulis langsung. Lalu di bagian Dinasti Syailendra ada alat barter emas dan perunggu," kata dia.

Nantinya, kata Washar, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan staf yang berkostum hantu-hantu legendaris, seperti Nyai Roro Kidul.

Ia menambahkan, tujuan dibukanya Museum Horor Indonesia ini bukanlah untuk menakut-nakuti pengunjung, melainkan agar pengunjung mempelajari sejarah lewat cara yang berbeda.

"Ini untuk edukasi, Yogyakarta Kota Pariwisata, budaya dan saya ingin agar masyarakat tidak melupakan sejarah," ujarnya.

Museum Horor Indonesia buka hingga 4 Februari 2024 dengan tiket masuk Rp 25.000.

Jam bukanya pukul 14.00-22.00 WIB untuk Senin sampai Jumat dan pukul 13.00-22.00 WIB untuk Sabtu dan Minggu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com