Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Air Terjun Tumpang Dua, Wisata Main Air di Kotabaru yang Sejuk dan Asyik

Kompas.com - 23/12/2023, 08:00 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kotabaru dikenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak wisata alam menarik. Salah satu yang cukup populer adalah Air Terjun Tumpang Dua di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Ketika musim libur tiba, destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Daya tarik utama Air Terjun Tumpang Dua adalah adanya kolam air yang begitu jernih dan segar. Pengunjung bisa mandi dan berenang dengan asyik bersama rekan atau keluarga.

Air yang ada di kolam berasal dari air terjun dan merupakan sumber mata air alami. Suasana tempat wisata yang segar dan sejuk pun membuat wisatawan betah berlama-lama.

Tidak seperti kebanyakan air terjun yang memiliki area tinggi, arus air di Air Terjun Tumpang Dua mengalir deras melewati area tanah yang landai.

Baca juga: Sukses Destinasi Wisata Berkat Ulasan Perjalanan Online

Air terjun ini dinamakan Tumpang Dua karena alirannya membentuk turunan seperti anak-anak tangga.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru Risa Ahyani mengatakan, Air Terjun Tumpang Dua sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk keluarga. Sebab, pengunjung bisa berendam dan bermain air segar serta piknik di sekitar air terjun.

“Air Terjun Tumpang Dua menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Kotabaru,” tutur Risa melalui keterangan persnya, Jumat (22/12/2023).

Risa menjelaskan, pihaknya tengah melakukan revitalisasi seluruh fasilitas umum yang ada di Air Terjun Tumpang Dua.

“Revitalisasi fasilitas umum tengah dikerjakan, terlebih setelah pandemi Covid-19. Pemerintah juga tengah membangun spot foto untuk menarik wisatawan,” ungkapnya.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Populer 2023 yang Dijadikan Lokasi Syuting

Perlu diketahui, revitalisasi itu dilakukan untuk merespons keluhan pengunjung soal kerusakan sejumlah fasilitas umum di tempat wisata.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru memastikan bahwa perbaikan jalan menuju objek wisata tengah dilakukan. Begitu pula fasilitas-fasilitas lain, seperti toilet, musala, kamar ganti, area makan, hingga tangga menuju air terjun.

Bahkan, pemerintah berencana menambah sejumlah fasilitas baru, seperti cottage, gazebo agro, spot foto, tambahan arena kuliner, wahana permainan air, dan fasilitas lainnya.

“Fasilitas-fasilitas baru saat ini sedang tahap review masterplan,” ujar Risa.

Di samping itu, sebut dia, Pemkab Kotabaru juga bekerja sama dengan institusi lainnya untuk mengadakan acara petualangan dan gathering di Air Terjun Tumpang Dua.

Baca juga: 20 Kota Destinasi Wisata Terbaik di Dunia 2023

“Kami juga mencanangkan kolaborasi dengan pihak swasta atau perusahaan lokal untuk mengembangkan daya tari wisata Air Terjun Tumpang Dua,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com