Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia

Kompas.com - 12/12/2023, 19:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ubud, Bali, akan diproyeksikan menjadi percontohan destinasi wisata gastronomi dunia oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau UNWTO (United National World Tourism Organization).

"Bersama pemerintah Gianyar, UNWTO mengembangkan Ubud sebagai destinasi pariwisata gastronomi, dan ini diperkuat melalui nota kesepahaman yang sudah ditandatangani pada September 2023," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Ubud Masuk 10 Kota Terfavorit di Dunia Versi Travel and Leisure

Sebagai informasi, wisata gastronomi merupakan seni mempelajari makanan mulai dari proses hingga hasil akhirnya.

Menparekraf menyampaikan, UNWTO akan berkunjung secara resmi ke Ubud pada Kamis (14/12/2023) untuk memaparkan hasil akhir daerah tersebut sebagai destinasi percontohan wisata gastronomi dunia.

Dalam kesempatan yang sama, Director Market Inteligence and Competitive UNWTO, Sandra Carvao menyampaikan bahwa proyek ini sebelumnya sudah dirancang sejak 2018.

"Kami memulai proyek ini pada tahun 2018, dan baru (terealisasikan) lima tahun setelah pandemi, kami sangat senang bahwa kami telah menyelesaikannya," kata Sandra secara daring, Senin.

Ia melanjutkan, pengerjaan proyek percontohan wisata gastronomi dunia akan dimulai pekan ini. Nantinya pihak UNWTO akan bekerja sama dengan kementerian, serta pemangku kepentingan di Ubud.

Baca juga:

Ilustrasi wisatawan mancanegara di Ubud, Bali.Dok. Shutterstock/ChameleonsEye Ilustrasi wisatawan mancanegara di Ubud, Bali.

Sandra menuturkan, saat ini semakin banyak wisatawan yang tertarik dengan pengalaman lokal, dan wisata gastronomi termasuk jenis wisata yang paling diminati.

Maka dari itu, lanjutnya, dengan semua kapasitas di Ubud yang menghubungkan antara alam, spiritual, kesejahteraan warisan budaya, dan komponen pertanian, UNWTO yakin dalam waktu dekat Ubud akan punya daya tarik baru dalam aspek gastronomi.

Baca juga: 10 Wisata Budaya di Ubud, Bisa Lihat Tari Tradisional Bali

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Pande Putu Ayu Sri Ratnawati menuturkan, Pemerintah Kabupaten Gianyar menyambut baik rencana pengembangan Ubud menjadi percontohan wisata gastronomi dunia oleh UNWTO.

"Sudah terbentuk tim kerja gastronomi sebagai tindak lanjut pengembangan gastronomi di Ubud," kata Pande, Senin.

Ia menambahkan, wisatawan yang ada di Ubud dapat menemukan kuliner mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam untuk percontohan dunia.

Adapun beberapa kuliner yang cukup populer di Ubud, ujar Pande, yakni ayam betutu, nasi campur, dan bebek krispi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com