Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Domestik Sekupang Tambah Pelayaran Saat Libur Nataru 2024

Kompas.com - 25/12/2023, 21:31 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Memasuki puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang di Batam, Kepulauan Riau, terlihat padat didatangi pemudik yang hendak liburan dan pulang kampung.

“Sejak tanggal 19 Desember 2023 jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang sudah mulai padat, terlebih kemarin, Minggu (24/12/2023), kepadatan sudah terjadi sejak pukul 03.00 WIB dini hari,” kata Humas DPC Pelabuhan Rakyat Batam, Asmadi, Senin (25/12/2023).

Ia melanjutkan, peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang yang sebelumnya hanya 1.100 pergerakan, meningkat menjadi 1.582 penumpang. Bahkan, Minggu (24/12/2023) meningkat menjadi 1.912 penumpang.

Baca juga: Pelabuhan Internasional Batam Centre dan Sekupang Kini Punya 5 Fasilitas Autogate

“Untuk hari ini kami perkirakan mencapai 1.800-an pergerakan,” ungkap Asmadi.

Saat ini, lanjut asmadi, terdapat puluhan trip pelayaran di Pelabuhan Domestik Sekupang setiap harinya.

Penambahan kapal di Pelabuhan Sekupang

Asmadi juga mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di libur Nataru ini, sejumlah pihak maskapai kapal juga telah menambah tujuh armada, yakni lima kapal MV Dumai Line dan dua MV Batamjet.

“Sejak tanggal 18 Desember 2023 kemarin, ada tujuh kapal yang kami siapkan. Namun, hanya beberapa kapal yang berangkat dalam keadaan penuh. Pada tanggal 21-22 Desember 2023, hampir semua kapal full penumpang,” terang Asmadi.

Baca juga: Libur Natal, 63.038 Penumpang Padati Bandara Hang Nadim Batam

Untuk rute yang dilalui, yakni mulai dari Batam menuju Tanjungbalai Karimun di Kabupaten Karimun, Kepri.

Kemudian menuju Selat Panjang, Kabupaten Meranti; Buton, Kabupaten Siak; Bengkalis, Kabupaten Bengkalis; dan Dumai, Kabupaten Dumai, Provinsi Riau.

“Jadi para penumpang tidak perlu cemas, karena ada tujuh kapal dan pulhan trip setiap harinya yang siap mengantar penumpang yang ingin berliburan di kampung halamannya, baik disejumlah kabupaten di Kepi hingga Provinsi Riau,” ungkap Asmadi.

Memasuki puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, terlihat padat didatangi pemudik yang hendak liburan dan pulang kampung.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Memasuki puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Ferry Domestik Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, terlihat padat didatangi pemudik yang hendak liburan dan pulang kampung.

Untuk penumpang yang akan menuju ke Medan, Sumatera Utara, juga bisa melalui Pelabuhan Domestik Sekupang karena penumpang bisa menggunakan jalur laut menuju Buton atau Dumai.

“Setelah sampai di Buton atau Dumai, penumpang bisa melanjutkan menuju Medan melalui jalur darat,” sebut Asmadi.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Dataran Engku Putri Batam, Lokasi Pesta Kembang Api

Pemberangkatan kapal dimulai dari pukul 05.00 WIB untuk tujuan Provinsi Riau, seperti Selat Panjang, Buton, Bengkalis, dan Dumai.

“Kalau untuk tujuan Karimun atau pulau-pulau yang ada di sekitar Batam, Kepri, jadwal keberangkatan kapal atau speedboat ada setiap jam, bahkan setiap setengah jam sekali yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB,” pungkas Asmadi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com