Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Maskapai Penerbangan Internasional yang Buka Rute ke Indonesia 2023

Kompas.com - 29/12/2023, 18:28 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Geliat sektor pariwisata pasca-pandemi Covid-19 semakin terlihat tahun ini. Satunya ditandai dengan bertambahnya maskapai penerbangan internasional yang membuka rute atau melayani kembali penerbangan ke Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, ada maskapai penerbangan internasional yang baru pertama kalinya terbang langsung ke Tanah Air. 

Baca juga:

Simak daftar maskapai penerbangan internasional yang dimaksud di bawah ini, yang disusun secara acak:

Maskapai asing yang terbang ke Indonesia sepanjang 2023

1. Xiamen Airlines

Ilustrasi maskapai Xiamen Airlines.Shutterstock Ilustrasi maskapai Xiamen Airlines.

Maskapai penerbangan asal China, Xiamen Airlines membuka penerbangan langsung dari Xiamen, China, ke Denpasar, Bali, pergi-pulang (pp) mulai Maret 2023 lalu, tepatnya Jumat (3/3/2023). 

Menggunakan armada Boeing 738-800, penerbangan rute ini tersedia setiap hari. 

Dilaporkan Kompas.com, Minggu (5/3/2023), penerbangan Xiamen-Denpasar ini menjadi penerbangan reguler pertama usai pandemi.

Baca juga: Penerbangan Reguler Langsung Xiamen China-Denpasar Resmi Dibuka

2. Air New Zealand

 Air New Zealand melakukan operasionalnya kembali dengan rute Auckland ? Denpasar ? Auckland pada hari Rabu (29/03).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Air New Zealand melakukan operasionalnya kembali dengan rute Auckland ? Denpasar ? Auckland pada hari Rabu (29/03).

Air New Zealand, maskapai penerbangan asal Selandia Baru, kembali membuka rute Auckland-Denpasar pp mulai akhir Maret 2023, tepatnya Rabu (29/3/2023). Pesawat yang digunakan adalah Boeing 787-9 Dreamliner.

Pada penerbangan perdananya, pesawat bernomor penerbangan NZ64 mengangkut 255 penumpang ke Denpasar dari Auckland. Selanjutnya, pesawat kembali ke Auckland dengan 150 penumpang.

Baca juga: Air New Zealand Buka Lagi Rute Auckland-Denpasar, Ini Jadwalnya

4. Emirates

Warga menyaksikan pendaratan pesawat Airbus A380 milik maskapai penerbangan Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/6/2023). Pendaratan pesawat komersial terbesar di dunia dengan nomor penerbangan EK368 dari Dubai menuju Bali tersebut menjadi penerbangan komersil pesawat A380 pertama di Indonesia. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj. Warga menyaksikan pendaratan pesawat Airbus A380 milik maskapai penerbangan Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/6/2023). Pendaratan pesawat komersial terbesar di dunia dengan nomor penerbangan EK368 dari Dubai menuju Bali tersebut menjadi penerbangan komersil pesawat A380 pertama di Indonesia. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

Pesawat Airbus A380 yang dioperasikan maskapai penerbangan Emirates jadi salah satu yang ditunggu-tunggu pendaratan perdananya di Tanah Air.

Sebab, pesawat yang tiba di Denpasar dari Dubai, Uni Emirat Arab, pada awal Juni 2023 lalu dikenal sebagai pesawat penumpang komersial terbesar di dunia.

Alhasil, pantai di dekat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pun dijadikan spot memantau pendaratan pesawat ini oleh para pencinta aviasi.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com