Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Wisata ke Rumah Si Pitung, Jaga Adab dan Bawa Uang Tunai

Kompas.com - 30/12/2023, 15:48 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Rumah Si Pitung termasuk bangunan cagar budaya di Marunda, Jakarta Utara. Rumah panggung yang berbahan kayu ulin ini berdiri kokoh, walau dibangun tahun 1880.

Terletak di tepi perairan Teluk Jakarta, rumah ini erat kaitannya dengan sosok legenda Betawi bernama Pitung, meskipun bukan sebagai tempat tinggal. 

Baca juga: Rumah Si Pitung, Jejak Sang Legenda Betawi di Marunda

"Rumah ini sebenarnya bukan rumah si Pitung. Rumah ini dibangun sama Bapak Haji Safiuddin," tutur Pemandu Rumah Si Pitung, Tama saat acara "Giveaway Tur Rumah Si Pitung" oleh Wisata Kreatif Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Haji Saifuddin, lanjutnya, merupakan pedagang dari Sulawesi Selatan. Ia memperbolehkan Pitung untuk bersembunyi di rumahnya saat dikejar Pemerintah Hindia Belanda.

Adapun Pitung dikejar lantaran kerap merampok orang kaya, yang kemudian diserahkan ke masyarakat yang membutuhkan. 

Sebelum berwisata ke Rumah Si Pitung, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Berikut selengkapnya:

Tips wisata ke Rumah Si Pitung

1. Jaga adab

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Tama menuturkan, wisatawan yang mengunjungi Rumah Si Pitung diimbau menjaga adab alias berlaku sopan dan santun. 

"Enggak datang ke sini doang, (tapi juga) bangunan-bangunan tua, kalau bisa adabnya tetap dijaga. Kalau misalnya yang muslim biasakan baca salam," tutur Tama. 

Perhatikanlah aturan yang berlaku di tempat wisata. Contohnya, wisatawan diimbau melepas alas kaki jika menaiki tangga memasuki Rumah Si Pitung. 

Tidak hanya itu, kelestarian koleksi yang ada di dalam bangunan juga harus dijaga. Janganlah sembarangan memegang koleksi atau melewati pembatas yang sudah dipasang. 

Baca juga: Rumah Si Pitung di Marunda: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

2. Naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum?

Ilustrasi Stasiun Tanjung Priok di Jakarta Utara, pada Jumat (22/12/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Ilustrasi Stasiun Tanjung Priok di Jakarta Utara, pada Jumat (22/12/2023).

Rumah Si Pitung beralamat di Jalan Kampung Marunda Pulo, 2, Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Lokasinya berjarak sekitar 11,4 kilometer dari Halte Tanjung Priok dan Stasiun Tanjung Priok.

Dari halte dan stasiun, wisatawan yang naik kendaraan umum bisa lanjut naik Mikrotrans Jak 15, namun mereka masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter agar bisa sampai di lokasi.

Alternatif lainnya, wisatawan bisa memesan kendaraan online (daring) dari halte dan stasiun. Namun, berhubung mereka akan melewati lalu lintas Cilincing yang dipadati truk, akan lebih aman bila memilih kendaraan online roda empat. 

Jika naik kendaraan pribadi, area parkir di depan Rumah Si Pitung pun terpantau memadai, bisa memuat lebih dari dua kendaraan roda empat. 

Baca juga: Cara ke Rumah Si Pitung di Jakarta Utara Naik KRL

3. Aturan bawa makanan

Area duduk berundak dan beratap di seberang bangunan Rumah Si Pitung di Marunda, Jakarta Utara, Jumat (22/12/2023).KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Area duduk berundak dan beratap di seberang bangunan Rumah Si Pitung di Marunda, Jakarta Utara, Jumat (22/12/2023).

Wisatawan diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke kompleks Rumah Si Pitung, asalkan tidak membawanya dan menyantapnya di bangunan rumah.

Terdapat area duduk berundak dan beratap di seberang rumah. Area ini bisa dijadikan tempat istirahat sembari bersantap makanan.

Namun, setelah menyantap makanan dan minuman, buanglah sampah ke tempatnya.

Baca juga: Cara ke Rumah Si Pitung Naik TransJakarta, Turun di Tanjung Priok

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com