Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawah Putih Ramai Pengunjung meskipun Hujan, Simak Imbauan Pengelola

Kompas.com - 01/01/2024, 11:32 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Obyek wisata Kawah Putih yang berada di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami peningkatan kunjungan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. 

Pengelola Kawah Putih Dudung Suhaeri mengatakan, ada peningkatan kunjungan wisatawan sebanyak 30 persen bila dibandingkan dengan libur Nataru tahun lalu. 

Dudung menyebut, pada tanggal 24 dan 25 Desember kemarin sebanyak 6.000 pengunjung berkunjung ke Kawah Putih, sedangkan tahun lalu hanya mencapai 3.000 pengunjung. 

"Berdasarkan pantauan dan perbandingan dengan tahun lalu ada peningkatan sekitar 30 persen," katanya dikonfirmasi melalui saluran telepon pada  Minggu (31/12/2023).

Baca juga:

Sementara jumlah kunjungan pada Minggu (31/12/2023) hingga pukul 15.00 WIB, tercatat sebanyak 4.672 pengunjung. 

Dudung mengungkapkan sempat terjadi penumpukan di area masuk karena padatnya pengunjung dan faktir alam.

"Memang tadi terjadi penumpukan di area masuk. Cuma kan ini lagi hujan, jadi ada beberapa yang batal. Soalnya di pusat kawah juga hujan, makanya kita sampaikan ke pengunjung," terang dia. 

Dudung mengatakan, hujan juga menyebabkan sebagaian pengunjung khawatir tidak bisa melihat pemandangan kawah.

"Soalnya daya tariknya itu kan bentangan alam secara terbuka. Jadi kalau hujan menjadi kendala," ujarnya. 

Bahkan, kata dia, antisipasi terjadi nya hal yang tidak diinginkan, pihaknya membatasi kunjungan apabila terjadi hujan yang cukup ekstrem. 

"Takutnya terjadi bencana alam. Makanya biasanya kita tutup kalau sekiranya ekstrem hujannya sampai hujan reda," ungkap dia. 

Baca juga: 6 Tempat Glamping Ciwidey Bandung, Tawarkan Pemandangan Alam

Imbauan berkunjung ke Kawah Putih saat musim hujan

Sejumlah pengunjung tengah menikmati destinasi wisata Kawah Putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Sejumlah pengunjung tengah menikmati destinasi wisata Kawah Putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023)

Kendati tingkat kunjungan meningkat, saat musim hujan. Pihaknya mengaku kerap memberikan himbauan kepada para pengunjung agar senangtiasa waspada. 

"Ini sudah masuk musim penghujan. Bagi wisatawan yang ingin datang ke kawah putih jangan lupa membawa peralatan pribadi, jaket, tutup kepala, obat-obatan pribadi," jelas Dudung.

Menurutnya bekal pribadi ini pengunjung karena kebanyakan pengunjung Kawah Putih adalah masyarakat perkotaan yang rentan terdampak perubahan suhu di pegunungan.

"Bagi pengunjung yang mempunyai keluhan sesah nafas, asma, alergi dingin, tidak disarankan untuk memasuki area kawah. Nantinya bisa tidak nyaman dan mengganggu kesehatan," imbaunya. 

Selain itu, lantaran kontur jalan menuju Kawah Putih cukup menanjak, pihaknta berpesan kepada pengunjung agar mengecek kembali persiapan kendaraan. 

"Kondisi kendaraan, karena kita cukup menanjak. Jadi harapannya bisa dicek dulu kendaraannya dalam kondisi siap jalan," ungkap dia.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com