Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Bandung Kota dan Kabupaten, Jangan Keliru

Kompas.com - 19/12/2023, 22:49 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandung merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat. Namun, masyarakat masih kerap keliru membedakan antara Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Padahal, ketiganya memiliki jarak yang cukup jauh meskipun sama-sama bernama Bandung.

Baca juga:

Informasi mengenai beda Bandung kota dan kabupaten dibutuhkan utamanya, saat kamu hendak berwisata. Sebab, banyak sekali destinasi wisata yang beralamat di Bandung. 

Nah, sebaiknya kamu memastikan lebih dulu destinasi tersebut masuk wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, atau Kabupaten Bandung Barat. Jadi, kamu bisa memperkirakan jarak dan transportasi ke sana.

Berikut beda Kota Bandung, Kabupaten Bandung, atau Kabupaten Bandung Barat berdasarkan wilayah dan sejumlah destinasi wisatanya. 

Kota Bandung 

Jalan Braga di Kota Bandung, Jawa Barat.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Jalan Braga di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat, yang dipimpin oleh seorang wali kota. Sebagai kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung juga menjadi kota terbesar ketiga di indonesia. 

Melansir dari situs Bandung.go.id, Kota Bandung terbagi menjadi 30 kecamatan. Meliputi, Andir, Antapani, Arcamanik, Astanaanyar, Babakan Ciparay, Bandung Kidul, Bandung Kulon, Bandung Wetan, Batununggal, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Buah Batu, Cibeunying Kaler, Cibeunying Kidul, Cibiru, dan Cicendo. 

Kemudian, Cidadap, Cinambo, Coblong, Gedebage, Kiaracondong, Lengkong, Mandalajati, Panyileukan, Rancasari, Regol, Sukajadi, Sukasari, Sumur Bandung, dan Ujung Berung. 

Luas wilayah Kota Bandung adalah 16.729,65 hektare. Kota Bandung berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga:

Sejumlah tempat wisata populer yang masuk wilayah Kota Bandung antara lain: Jalan Braga, Gedung Sate, Museum Geologi, Museum Asia Afrika, Trans Studio Bandung, Kiara Artha Park, Museum Sri Baduga, Alun-alun Kota Bandung, dan sebagainya. 

Jarak Kota Bandung dari Jakarta sekitar 157 km. Ada sejumlah pilihan transportasi umum dari Jakarta ke Kota Bandung, seperti kereta cepat Whoosh, kereta api, bus, dan angkutan sewa. 

Wisatawan dari luar kota bisa turun di Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com