Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf Imbau Wisatawan Tidak Naik Kapal yang Belum Berizin

Kompas.com - 06/02/2024, 09:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapal wisata Carpediem terbakar di perairan Pulau Siaba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (3/1/2023) sore.

Diketahui, kapal tersebut belum memiliki surat izin berlayar dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Labuan Bajo. 

Baca juga: Ada Kapal Wisata Terbakar di Perairan Labuan Bajo, Ternyata Tak Punya Izin Berlayar

Terkait hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mengimbau seluruh wisatawan untuk tidak naik kapal yang belum berizin.

"Kepada seluruh wisatawan, jangan naik kapal yang belum memiliki izin berlayar. Semua harus dikoordinasikan ke Badan Otoritas Labuan Bajo Flores, dan instansi terkait," ucap Menparekraf saat Weekly Press Briefing, Senin (5/2/2024).

Sandiaga mengucapkan keprihatinannya, sekaligus menyayangkan karena kapal yang terbakar tersebut tidak mengantongi surat izin.

Maka dari itu, ia sudah memerintahkan langsung Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Flores (BPOLBF) untuk menindaklanjuti peristiwa ini, dan memastikan supaya kejadian serupa tidak terulang kembali.

Baca juga:

Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

"Ini tidak boleh terjadi lagi, kapal yang tidak punya izin berlayar, membawa wisatawan, karena nanti kalau terjadi apa apa, tentu berpotensi sangat fatal, " katanya.

Apalagi, tambahnya, kecelakaan yang menyebabkan kehilangan nyawa penumpangnya.

Baca juga: Tertipu Fasilitas Kapal Tak Sesuai di Labuan Bajo, Bisakah Minta Ganti Rugi?

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (3/2/2024), kapal wisata yang terbakar di perairan Labuan Bajo ini mengangkut dua wisatawan mancanegara asal Kanada dan empat anak buah kapal. Mereka seluruhnya selamat.

Kepala Pos SAR Manggarai Barat, Edy Suryono mengatakan, dua wisatawan yang ada di dalam kapal itu dievakuasi sendiri oleh kru kapal menuju Labuan Bajo.

"Informasi terakhir penumpang dievakuasi ke Labuan Bajo menggunakan speedboat Komodo Park," ujar Edy, Sabtu malam.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com