Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid KH Hasyim Asy'ari, Masjid Raya Pertama di Jakarta Barat

Kompas.com - 03/04/2024, 11:46 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta memang punya Masjid Istiqlal, tapi statusnya masjid negara dan bukan masjid raya. 

Maka dari itu, dibangunlah Masjid KH Hasyim Asy'ari sebagai masjid raya pertama di Jakarta. Lokasinya ada di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

Beberapa waktu yang lalu Kompas.com bersama Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat melakukan kegiatan tur wisata religi, yang salah satu tujuannya ke Masjid KH Hasyim Asy'ari.

Baca juga:

Menurut penjelasan pemandu wisata, Irfan, masjid ini mulanya dibangun ketika Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, dan diresmikan pada 2017 oleh Presiden Joko Widodo.

"Masjid KH Hasyim Asy'ari merupakan salah satu masjid terbesar di Jakarta. Kapasitasnya 12.500 jemaah," kata Irfan di Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Sabtu (30/3/2024).

Arsitek yang terlibat dalam merancang masjid ini bernama Adhi Moersid Adhi yang dikenal mampu menonjolkan nilai budaya tertentu pada bangunan yang dirancang.

Baca juga:

Usung konsep budaya betawi

Pagar langkan serupa di rumah suku Betawi, di Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Sabtu (30/3/2024).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pagar langkan serupa di rumah suku Betawi, di Masjid KH Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Sabtu (30/3/2024).

Adapun konsep yang ingin ditonjolkan pada bangunan masjid ini yaitu ciri khas betawi. Representasi budaya betawi dapat dilihat di hiasan masjid, seperti di depan masjid terdapat hiasan gigi balang berwarna putih.

Sebagaimana yang diketahui, gigi balang ialah hiasan yang kerap ditemui di bagian depan rumah orang betawi.

Baca juga:

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat, Sabtu (30/3/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat, Sabtu (30/3/2024).

Kemudian, ada hiasan pagar langkan di bagian depan masjid dan di dalam masjid. Di rumah orang betawi, pagar langkan biasanya dapat dilihat di depan rumah sebagai pagar pembatas teras. 

"Masjid ini punya lima menara, melambangkan lima waktu salat," katanya.

Keunikan lainnya dari Masjid KH Hasyim Asy'ari yaitu atapnya tidak berbentuk kubah bulat seperti masjid pada umumnya, tetapi berbentuk limas.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com