Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Kunjungan Jangka Pendek di Kepulauan Riau Akan Diumumkan Segera

Kompas.com - 25/06/2024, 14:53 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Short Visa atau visa kunjungan jangka pendek untuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan segera diumumkan.

"Yang akan segera diumumkan ini adalah short visa, yang tujuh hari di Kepri," kata Menparekraf saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (24/6/2024).

Baca juga: Menparekraf Sambut Wisman Pertama 2024 dari Singapura di Bintan

Sementara itu, tambahnya, untuk pemberlakuan bebas visa saat ini masih dalam daftar tunggu, dan akan ada pengumumam segera.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (2/1/2024), Kepri menjadi salah satu penyumbang wisman ketiga terbesar di Indonesia, setelah Bali dan Jakarta, pada tahun 2023.

Kepri diperkirakan mampu menyumbang 20 persen dari total wisman ke Tanah Air, dan diperkirakan mencapai 10 juta wisman per tahun.

Baca juga:

Panorama perairan Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Panorama perairan Pulau Bawah di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Riau.

"Ada potensi menembus 20 persen. Tahun 2024 targetnya mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke Indonesia, dengan beberapa revitalisasi pelabuhan-pelabuhan serta promosi wisata ke negara tetangga," jelasnya.

Data terbaru dari Badan Pusat Statistik Kepulauan Riau menunjukkan, sepanjang Januari 2024 sampai April 2024 jumlah wisman yang datang ke Kepri sebanyak 480.225 kunjungan.

Baca juga: Kepulauan Riau Ditargetkan Sumbang 25 Persen Turis Asing pada 2024

Angka tersebut naik 5,14 persen dibanding periode yang sama tahun 2023, yang sebanyak 456.740 kunjungan.

Adapun tiga negara utama asal wisman yang masuk ke Indonesia lewat Kepri pada periode Januari 2024-April 2024 yaitu Singapura (238.832 kunjungan), Malaysia (81.048 kunjungan), dan China (25.338 kunjungan).

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com