Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chef Hengky Efendy Berikan Tips Memasak dengan Cara Sederhana

Kompas.com - 21/01/2015, 08:23 WIB
Callista Oktavia Lembing

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Chef Hengky Efendy memberikan tips memasak yang mudah bagi para pemula yang ingin mencoba memasak. Dijamin masakan pertama anda akan membuat anda sendiri bangga.

Tentunya dalam memasak ada dua hal penting yang perlu diingat, kesegaran bahan dan juga skill. Bagaimana caranya memilih atau mengetahui bahan-bahan segar? Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Chef Hengky.

Untuk sayur-sayuran, anda bisa melihat dari warna mereka, ambil contoh tomat. Tomat yang segar memiliki warna merah yang mengkilap dan juga memiliki kekenyalan yang pas, tidak teralu lembek dan tidak teralu keras. Hal yang sama juga dapat diaplikasikan ke sayur yang lain, sayur yang segar memiliki warna yang tidak kusam dan bentuk yang fresh/tidak layu.

Sedangkan untuk daging ada beberapa cara untuk menetukan kesegaran mereka. Untuk ikan, perhatikan mata dan insang. Ikan yang segar akan memiliki mata yang masih putih dan insang yang merah. Anda juga bisa melihat kesegaran daging mereka dengan cara dipencet, apabila daging tersebut kembali naik dan tidak ada bekas pencetan maka daging tersebut sangat segar, sebaliknya jika tidak maka ikan tersebut tidak fresh. Hal ini juga dapat diaplikasikan ke daging sapi.

Sekarang anda sudah mengetahui cara memilih bahan-bahan yang segar, maka sekarang anda sudah siap untuk memasak. Chef Hengky memberikan tips untuk memasak masakan-masakan yang sederhana seperti hamburger, pasta, dan ikan. Mari kita mulai.

Untuk memasak daging burger yang enak dan pas, bergantung dari dagingnya sendiri dan juga cara memasaknya. Saat menyalakan kompor, pastikan suhunya tidak terlu panas ataupun terlalu rendah agar daging dapar termasak hingga kedalam dengan baik dan tidak gosong. Lalu jika anda ingin memasak ikan, pastikan ketika anda menyiapkan kompor dan minyak suhunya tidak terlalu panas karena daging ikan mudah gosong sehingga harus diperhatikan temperaturnya.

Untuk membuat pasta yang enak, pastikan air dalam pot sudah dalam kondisi mendidih baru memasukkan pastanya. "Memasak sesuatu yang enak tidak bisa terjadi dalam satu hari, Anda harus bersiap untuk jatuh bangun dalam proses ini, tapi jika Anda gigih dan mencintai makanan maka Anda pasti bisa memasak sesuatu yang enak!" kata Chef Hengky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com