Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursi Roda, Barang Langka di Pesawat Terbang Indonesia

Kompas.com - 09/01/2017, 18:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi roda ternyata jadi barang langka pada pesawat terbang, khususnya di Indonesia. Kisah Vera, sang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lansia membuktikan bahwa kursi roda adalah hal penting saat perjalanan udara.

"Untuk pesawat berbadan sempit (single aisle) sejenis B737 dan A320 memang tidak memungkinkan untuk Kursi Roda (KR) masuk ke kabin. Di Indonesia kebanyakan pesawat berjenis B737 dan A320," kata pengamat penerbangan Alvin Lie pada KompasTravel, Minggu (8/1/2017).

Menurut Alvin Lie, penumpang lansia dan penyandang disabilitas memang perlu bantuan staf ground handling untuk dipapah atau digendong agar dapat masuk dan keluar badan pesawat.

"Saya belum punya data maskapai RI mana yang punya KR kabin (inflight wheelchair). Kalau Garuda Indonesia belum punya, kecil kemungkinan maskapai lain punya," kata Alvin. 

BACA JUGA: Cerita Pramugari Garuda yang Gendong Seorang Nenek di Pesawat

Apabila kursi roda dalam kabin diadakan pada pesawat berbadan kecil seperti jenis B737 dan A320, menurut Alvin juga tak efektif.

"Kursi akan sangat sempit. Untuk kita jalan saja terasa sempit dan sering menyenggol penumpang lain. Apalagi dipakai untuk kursi roda," tambahnya.

Daripada pengadaan kursi roda di kabin pesawat, menurut Alvin ada hal yang lebih mendesak yang wajib dimiliki bandara di Indonesia.

"Lebih mendesak sediakan lift khusus untuk naik turunkan penumpang penyandang disabilitas ketika pesawat parkir di apron yang tidak dilengkapi garbarata," kata Alvin.

Saat ini, memang tak semua maskapai memiliki kursi roda di pesawat atau lebih dikenal inflight wheelchair atau on board wheelchair.

BACA JUGA: Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Naik Pesawat

Beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas kursi roda di kabin pesawat biasanya memiliki pesawat berbadan besar. Kursi roda juga biasa dimiliki maskapai dengan rute penerbangan jarak jauh, seperti Catchay Pacific, Asiana Arilines, Singapore Airlines, Etihad, Emirates, dan China Airlines.

Kursi roda dalam kabin pesawat digunakan untuk memudahkan mobiltas penumpang penyandang disabilitas dari dan ke toilet saat penerbangan berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com