Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Cirebon

Cirebon yang berbatasan dengan Laut Jawa, ternyata punya hasil laut yang kaya. Terutama komoditi udangnya, yang banyak diolah menjadi penganan termasuk buah tangan Anda setelah melancong ke Cirebon.

(BACA: Bubur Sup Ayam Hangat, Pilihan Sarapan di Cirebon)

Berikut ragam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa, setelah berkunjung ke Cirebon:

1. Sirup Tjampolay

Sirup lokal ini jadi salah satu yang harus Anda coba. Kekhasan rasanya membuat sirup ini digunakan di berbagai restoran hingga hotel di Cirebon untuk menjamu tamunya.

(BACA: Lezatnya Empal Asem Cirebon, Ini Empal Gentong Tanpa Santan)

Untuk yang suka renyah-renyah, KompasTravel merekomendasikan aneka kripik ini. Kripik tempe sagu berbeda dengan kripik tempe bumbu yang lazim berasal dari Bandung.

(BACA: Gado-gado Ayam Hj Tarkanci, Kuliner Cirebon yang Bikin Ketagihan)

Kripik tempe sagu tipis dan polos, tidak diberi tepung sebelum digoreng, tapi dilapisi sagu agar lebih renyah.

Sementara kripik oncomnya juga digoreng kering dan polos tanpa tepung, alhasil rasa gurih dari oncomnya masih terasa. Keduanya dijual Rp 25.000 satu kemasan.

Untuk olahan udangnya, sebenarnya ada banyak, tapi yang wajib Anda coba dulu ialah kerupuk udang, abon udang dan udang goreng. Ketiganya termasuk olahan yang tahan lama, sehingga bisa Anda bawa pulang ke mana pun di Indonesia.

Udang gorengnya terbuat dari udang yang kecil-kecil, diberi tepung bumbu, sangat pas disantap dengan nasi panas.

Sedangkan abonnya, berwarna lebih putih dari abon sapi, teksturnya pun lebih halus tanpa sisa-sisa bagian udang yang terlihat. Untuk harga 175 gram udang goreng Rp 50.000, dan abon udang Rp 85.000.

Nah, untuk yang mau coba memasak kuliner khas Cirebon, wajib membawa pulang ini. Bumbu ini untuk satu kilogram daging empal dijual Rp 25.000.

Petis udang juga merupakan olahan udang yang khas dari Cirebon. Berbeda dengan petis daerah Jawa Tengah yang cenderung lebih manis, petis Cirebon tidak terlalu manis sehingga cocok untuk dijadikan sambal. Satu botol kecil petis dijual Rp 25.000.

Ada dua sambal di pusat oleh-oleh Cirebon ini, sambal goreng nasi jamblang dan sambal goreng ikan jambal roti. Keduanya merupakan pasangan menyantap kuliner khas Cirebon.

Sambal goreng nasi jamblangnya bertekstur cacahan cabai kasar, tak terlalu pedas. Sedangkan sambal ikan jambal rotinya menggunakan terasi, dan lebih pedas.

https://travel.kompas.com/read/2017/09/08/092400527/pilihan-oleh-oleh-yang-bisa-anda-bawa-dari-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke