Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Banjir Gunungkidul, Kunjungan Wisatawan Menurun

"Memang ada pengaruhnya (dampak banjir) menurun cukup lumayan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono kepada Kompas.com, Senin (4/12/2017).

Dia mengakui penurunan ini karena beberapa destinasi wisata mengalami kerusakan dan ditutup sementara. Seperti Air Terjun Srigetuk sampai sekarang belum dibuka karena sejumlah fasilitas rusak. Selain itu Kalisuci masih belum beroperasi menunggu lokasi bersih dari sampah.

Untuk pantai yang mengalami kerusakan yakni Wediombo, Pantai Nampu dan Pantai Baron. "Ada beberapa destinasi yang mengalami kerusakan, termasuk jalan menuju obyek wisata seperti di Bunder (Jalan Yogyakarta-Wonosari). Untuk destinasi yang saat ini masih ditutup Srigetuk dan Kalisuci karena perlu pembenahan, tentu saja kami mengutamakan keamanan wisatawan," tuturnya.

Namun demikian, secara umum destinasi wisata di Gunungkidul aman untuk dikunjungi. Menurut Hary, pihaknya masih mendata di mana saja lokasi wisata yang perlu pembenahan dan diperlukan alternatif lain.

Pendataan ini penting, karena tak lama lagi libur Natal dan akhir tahun sehingga diperlukan kesiapan destinasi wisata menyambut wisatawan.

"Sebentar lagi libur Natal dan akhir tahun kita minta pokdarwis untuk mempersiapkan akses jalan, kalau melihat kondisi sementara ini bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Akhir tahun destinasi wisata yang ditutup sudah bisa dikunjungi," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/05/073900527/dampak-banjir-gunungkidul-kunjungan-wisatawan-menurun-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke