Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenpar Susun Kurikulum Pariwisata untuk ASN dan Mahasiswa

Hal ini dimulai dari penyusunan kurikulum kepariwisataan yang dibahas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II yang mengangkat tema besar Curriculum & Training Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0.

Dalam Rakornas ini Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, langkah penyusunan kurikulum ini ditujukan untuk para siswa di berbagai Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Lalu dari mana kita start? Jawabannya dari yang muda-muda dulu di sini, eselon 3, eselon 4, seluruh mahasiswa kita itu sekitar 10.000 jumlahnya di 6 perguruan tinggi negeri pariwisata. Nah saya yakini dengan akselerasi ini maka kita akan siap," kata Arief Yahya di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Menpar mengatakan, dua unsur ini adalah unsur utama yang harus mendapatkan standar kualitas terlebih dahulu.

"Saya bilang kalau untuk milenial customer side itu sudah tidak ada masalah. Mereka sudah siap. Yang belum siap adalah di kita, di supply side. Kita regulator, Kemenpar. Lalu Industri itu sebagai supply side," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk menuju Tourism 4.0 maka SDM pariwisata Indonesia juga harus siap terhadap perubahan pola seputar kepariwisataan, termasuk dalam hal marketing.

Setelah para ASN dan mahasiswa memperoleh kurikulum yang tepat, selanjutnya Kemenpar akan membentuk program berbasis komunitas untuk para pelaku industri agar memiliki kualitas SDM yang baik.

"Kurikulum dan training ini kita sudah menggunakan pendekatan yang bagus. Jadi konsepnya menurut saya kuat," kata Menpar.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/05/092800327/kemenpar-susun-kurikulum-pariwisata-untuk-asn-dan-mahasiswa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke