Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Fitur Aplikasi Indonesia Airports, Kian Mudahkan Penumpang Pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II meluncurkan berbagai fitur digital dalam bentuk aplikasi Indonesia Airports.

Aplikasi ini dalam rangka menjadikan Bandara Soekarno-Hatta terkoneksi secara digital.

"Komitmen kami dalam rangka memberikan kepuasan pada pelanggan dengan menyediakan pelayanan digital. Pelayanan dari sejak tiket sampai check-in bisa di Indonesia Airport," ujar Senior Manager Branch Communication and Legal Angkasa Pura II Febri Toga Simatupang kala ditemui oleh Kompas.com pada Jumat (13/12/2019).

Berikut ini beberapa fitur yang bisa digunakan di aplikasi Indonesia Airport.

1. E-Check-In

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan check-in elektronik langsung di aplikasi Indonesia Airport.

Kamu tidak perlu antri di konter check-in konvensional atau mesin check-in mandiri.

Kamu juga bisa melakukan scan barcode yang ada di boarding pass atau tiket pesawat untuk mendapatkan detil soal penerbangan kamu nanti.

Aplikasi ini juga memberikan notifikasi perihal jadwal penerbangan, untuk mengingatkan agar kamu tak terlambat.

2. Book Flight dan Hotel

Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan pemesanan penerbangan dari mana saja dan kemana saja. Sistem pemesanan hampir serupa dengan sistem pemesanan di aplikasi OTA biasa.

Selain penerbangan, kamu juga bisa memesan hotel di kota tujuan. Tak hanya itu, ada juga informasi soal hotel-hotel yang ada di sekitar Bandara Soetta.

Lengkap beserta nomor yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lengkap.

Informasi jadwal ini cukup lengkap, mulai dari kota asal dan tujuan penerbangan, nama maskapai penerbangan, nomor penerbangan, jam keberangkatan dan kedatangan, serta status penerbangan.

"Bentuknya seperti feeds, jadi bisa dilihat semua di sini. Seperti halnya melihat papan jadwal penerbangan konvensional yang ada di terminal saja," kata Febri.

"Hanya kalau ini lebih praktis, kalau ingin jemput misalnya bisa siap-siap dan pantau status penerbangannya delay atau tidak," lanjutnya.

Namun dengan fitur ini, kamu bisa mencari secara spesifik toko-toko apa saja yang ada di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 lengkap dengan letak lantainya.

5. Transportasi Umum

Dengan fitur ini kamu bisa melakukan pemesanan berbagai kendaraan umum mulai dari kereta bandara, taksi, serta bus. Kamu bisa memesan tiket untuk bus umum yang tersedia dalam berbagai jurusan dari Terminal 1, 2 dan 3.

Kamu juga bisa memesan nomor antrian untuk taksi di tiga terminal tersebut, sehingga tidak perlu antri di mesin pemesanan mandiri yang tersedia di dekat lokasi bus dan taksi.

Sementara untuk fasilitas kereta bandara dan sky train, kamu bisa melihat jadwal lengkap keberangkatan yang memudahkan kamu untuk mengatur jadwal.

Untuk sky train kamu juga bisa melakukan pemesanan tiket. Setelah memilih fitur pemesanan sky train, kamu akan diarahkan ke laman pemesanan tiket seperti yang ada di aplikasi KAI Access.

Tak hanya itu saja, ada juga fasilitas traffic info yang bisa memberikan informasi terbaru soal lalu lintas atau kondisi traffic di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

Nantinya kamu akan diarahkan untuk menggeser tombol yang tersedia lalu akan otomatis menghubungi pihak berwajib di sekitar area Bandara Soekarno-Hatta.

7. Wi-Fi

Di fitur ini tersedia informasi panduan mengenai menghubungkan perangkat digital kamu ke akses Wifi gratis yang tersedia di area terminal Bandara Soetta.

8. Airportainment

Fitur ini cocok digunakan anak-anak yang bosan saat menunggu waktu boarding. Di fitur ini tersedia game sederhana yang bisa dimainkan.

9. Wisata

Fitur ini menyediakan informasi singkat soal objek wisata yang ada di sekitar Bandara Soekarno-Hatta. Tersedia juga alamat lengkap beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.

10. News

Dalam fitur ini kamu bisa mengakses informasi terbaru seputar Bandara Soekarno-Hatta dan bandara-bandara lain yang dikelola oleh Angkasa Pura II.

11. E-Commerce

Dengan fitur ini kamu bisa melakukan reservasi untuk beberapa fasilitas yang sudah bekerja sama dengan aplikasi ini.

Beberapa reservasi tersebut yakni menginap di Balkondes, Digital Airport Hotel yang ada di Terminal 3, serta fasilitas kargo.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/17/081700327/11-fitur-aplikasi-indonesia-airports-kian-mudahkan-penumpang-pesawat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke