Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Umbul Ponggok dari Kota Solo, Cuma 1 Jam Perjalanan

KOMPAS.com – Masyarakat Kota Surakarta dan sekitarnya bisa berkunjung ke Kabupaten Klaten, Jawa Tengah untuk mengisi liburan.

Dengan berkunjung ke Klaten, wisatawan bisa berenang di umbul atau pemandian yang airnya langsung dari sumber mata air alami.

Salah satu wisata Umbul di Klaten adalah Ponggok. Tempat wisata ini jadi unggulan karena menyuguhkan keindahan panorama bawah air yang menawan dengan ikan-ikan besar aneka warna.

Pengelola Umbul Ponggok juga menyediakan beragam fasilitas, seperti foto bawah air hingga sewa perlengkapan untuk pengunjung yang belum bisa berenang.

Rute ke Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok tepatnya berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Jika ditempuh dari Kota Surakarta, jaraknya adalah sekitar 25 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Rute ke Umbul Ponggok dari Kota Solo pun cukup mudah. Pertama, kamu tinggal mengikuti jalan utama Solo-Klaten-Yogyakarta.

Teruslah melaju sampai Gapura Gunungan Wayang sebagai penanda masuk wilayah Kabupaten Klaten.

Tidak jauh dari gapura itu, ada Pasar Tegalgondo. Mulailah berkendara agak ke kanan karena kamu harus menyeberang jalan untuk masuk gang yang ada di barat jalan.

Selanjutnya, ikuti jalan Tegalgondo-Janti sampai pertigaan besar. Belok kanan di pertigaan ini dan lurus terus sampai pertigaan.

Belok kiri di pertigaan dan terus melaju sampai pertigaan depan Pasar Cokro Kembang. Belok kiri di pertigaan ini, lalu baru belok kanan di pertigaan setelahnya.

Terus lurus sampai mentok di pertigaan, kemudian belok kanan. Ikuti jalan utama dan perjalanan pun sampai di Umbul Ponggok.

https://travel.kompas.com/read/2022/09/06/160541127/rute-ke-umbul-ponggok-dari-kota-solo-cuma-1-jam-perjalanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke