Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Tempat Wisata Tahun Baru di Bandungan yang Cocok untuk Keluarga

KOMPAS.com - Bandungan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang yang berada di lereng Gunung Ungaran. Daerah berhawa sejuk ini memiliki sejumlah obyek wisata yang bisa dikunjungi saat libur akhir tahun 2022.

Selain berhawa sejuk, Bandungan memiliki panorama indah Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, serta Rawa Pening.

Oleh sebab itu, Bandungan cocok menjadi destinasi untuk menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga.

Tempat wisata tahun baru di Bandungan

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata tahun baru di Bandungan yang cocok untuk keluarga, sebagai berikut:

Alun-alun Bandungan baru saja dibuka untuk umum pada Senin (5/12/2022) lalu. Bangunan yang dulunya pasar tersebut, saat ini dipenuhi bunga-bunga yang ditanam dengan pola terasering.

Sementara, di bagian bawah ada tiga gunungan besar yang dilengkapi tulisan Bandungan.

Wisatawan yang berkunjung ke Alun-alun Bandungan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan Bandungan. Selain itu, wisatawan bisa bersantai di area Alun-alun.

Konsep dari obyek wisata ini adalah taman bunga kekinian dengan beragam spot foto instagramable. Wisatawan bisa melihat ratusan bunga hias warna-warni yang menyegarkan mata sehingga cocok untuk rekreasi.

Selain taman bunga, ada spot foto instagramable seperti Little Italia, Little Korea, dermaga putih, taman bunga, White Marine Park, dan masih banyak lainnya.

Setelah berkeliling, pengunjung bisa bersantai di kafe dengan latar belakang gunung, yakni Cafe Garden Celosia.

Alamatnya berada di Jalan Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang.

3. Legok Madu 

Legok Madu memiliki konsep wisata serupa dengan Taman Bunga Celosia, yakni taman bunga dan spot foto instagramable.

Pengunjung bisa berfoto di berbagai spot instagramable yang dikelilingi taman bunga. Salah satu ikon Legok Madu adalah patung angsa yang dihiasi dengan beragam bunga.

Lokasinya berada di Kaliwinong, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang.

4. Setiya Aji Flower Farm 

Bandungan memiliki sejumlah obyek wisata taman bunga karena berhawa dingin sehingga cocok untuk menanam beragam tanaman. Salah satunya adalah Setiya Aji Flower Farm. 

Dilansir dari Tribun News Wiki, (25/05/2022), pengunjung bisa melihat beragam jenis bunga berwarna-warni. Kamu dan keluarga bisa berfoto dengan latar belakang bunga berwarna-warni.

Selain itu, pengunjung juga bisa membeli bunga untuk dibawa pulang. Lokasinya terletak di Jalan Kendalisodo, Piyato, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Wisata taman bunga lainnya adalah Kampung Krisan Clapar yang memiliki koleksi bunga krisan.

Mengutip Kompas.com (22/10/2017), obyek wisata agro ini  dikelola oleh kelompok tani dan karang taruna setempat. Pengunjung bisa menikmati indahnya hamparan bunga krisan berpadu dengan suasana pedesaan yang masih asri.

Ada sekitar 20 jenis bunga krisan yang ditanam pada 180 green house sederhana, berkontruksi bambu dan beratap plastik bening.

Fasilitas lainnya adalah gardu pandang setinggi 6 meter. Wisatawan bisa melihat lanskap pegunungan, seperti gunung Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu serta Rawa Pening.

Lokasinya berada di Jalan Kendalisodo, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Sunrise Hill Gedong Songo

Wisata Bandungan yang cocok untuk keluarga selanjutnya adalah Sunrise Hill Gedong Songo karena fasilitasnya lengkap.

Mengutip Tribun Travel (20/3/2022), obyek wisata ini memiliki area bermain (playground), kampung tematik, dan kolam renang.

Wisatawan yang ingin bermalam bisa menginap di penginapan maupun glamping yang tersedia.

Ada banyak spot foto instagramable di  Sunrise Hill Gedong Songo. Sebut saja, kampung salju, kampung Jepang, dan kampung halloween. Lokasinya berada di Tlogosari, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Candi Gedong Songo adalah ikon wisata Bandungan. Keunikan dari kompleks candi bercorak Hindu ini adalah lokasinya yang berada di ketinggian 1.200-1.300 mdpl.

Mengutip Kompas.com (28/12/2021), gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan. Wisatawan bisa menjumpai sembilan bangunan candi sesuai dengan namanya.

Pengunjung bisa melihat bangunan candi yang sakral, gugusan awan, dengan latar belakang gunung-gunung di Jawa Tengah.  Tak heran, Candi Gedong Songo menjadi incaran para fotografer.

Jika ingin mengajak keluarga ke obyek wisata Instagramable di Bandungan, maka Ayanaz Gedongsongo bisa menjadi alternatif.

Obyek wisata ini adalah taman hiburan outdoor yang menawarkan tempat santai dan spot foto dengan latar belakang gunung. Lokasinya masih berada  di sekitar kompleks Candi Gedong Songo.

Mengutip dari Kompas.com (30/5/2022), tempat wisata ini sempat viral karena spot foto yang instagramable dan unik.

Pengunjung bisa berfoto di balon udara berwarna-warni, ayunan di atas kolam, kursi di tengah kolam, replika perahu, tenda, serta spot foto kekinian lainnya. 

9. Vanaprastha Gedong Songo Park

Obyek wisata lain yang berada di Kawasan Candi Gedong Songo adalah Vanaprastha Gedong Songo Park.

Mengutip Tribun Travel (10/7/2019), obyek wisata ini berupa hutan pinus yang masih asri. Bahkan, warga sekitar menyebut suasana  Vanaprastha Gedong Songo Park seperti hutan pada film Twilight.

Pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah yakni tiga rumah rumah kayu yang berusia lebih dari satu abad. Dulunya, rumah tersebut digunakan sebagai kantor resmi kehutanan pada zaman kolonial Belanda.

Lokasinya berada di Jalan Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam yang berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di ketinggian 1.200 mdpl.

Mengutip dari Kompas.com (26/3/2022), daya tarik Umbul Sidomukti adalah kolam renang yang airnya berasal dari mata air Gunung Ungaran. Terdapat tiga kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Selain kolam renang, wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya seperti wahana Little Ranch, berkuda, panahan, dan susur goa buatan sepanjang 135 meter. 

Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, yaitu ATV, flying fox, marine bridge, sepeda awang, dan lainnya.

Lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

11. Florawisata Banyukuning

Florawisata Banyukuning merupakan obyek wisata baru di Bandungan yang baru dibuka untuk umum pada Minggu (22/7/2022), mengutip Kompas.com (9/7/2022). 

Obyek wisata ini memiliki konsep taman dan edukasi. Ada sejumlah wahana yang ditawarkan seperti playground, menunggang kuda, kebun bah, dan taman.

Terdapat ratusan bunga berbagai jenis di Florawisata Banyukuning. Lokasinya berada di Dusun Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Wisata Perantunan adalah salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/12/2021).

Wisatawan bisa menikmati udara segar serta keindahan panorama alam. Hutan dengan pepohonan hijau yang teduh berpadu sempurna dengan panorama Rawa Pening di sisi selatan.

Saat cuaca cerah, Gunung Merbabu di ujung selatan juga terlihat indah sekali. Bagi wisatawan yang tidak mendaki Gunung Ungaran, bisa berkemah di Wisata Perantunan.

Selain Wisata Perantunan, jalur pendakian Gunung Ungaran lainnya adalah lewat Bumi Perkemahan Mawar. Kamu bisa mengajak keluarga untuk menimati libur tahun baru anti mainstream dengan berkemah di Bumi Perkemahan Mawar

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (14/7/2016), Bumi Perkemahan Mawar dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sehingga dapat digunakan oleh para wisatawan. Mulai dari listrik, air, toilet, parkir kendaraan, dan petugas keamanan. 

Daya tarik lokasi kemah ini adalah pengalaman menginap di tengah hutan pinus dengan panorama perkotaan di Jawa Tengah.

Lokasinya berada di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Susan Spa and Resort sebetulnya adalah penginapan dan spa dengan desain bangunan bergaya elegan, mengutip Kompas.com (11/10/2020). Namun, wisatawan boleh berkunjung tanpa harus menginap di resort ini.

Salah satu ikon Susan Spa and Resort adalah bangunan La Kana yang menjadi lokasi favorit untuk pernikahan.

Berada di ketinggian 1.100 mdpl lereng Gunung Ungaran, menjadikan Susan Spa and Resort memiliki panorama menawan. Lokasinya berada di Dusun Piyoto, Kecamatan Bandungan, Kota Semarang.

15. Watu Gunung  

Watu Gunung merupakan obyek wisata alam yang dipadukan dengan budaya Jawa Tengah. Mengutip Tribun News Wiki, (30/5/2022), terdapat danau buatan seluas 60 meter persegi di area Watu Gunung.

Obyek wisata seluas 3,5 hektar ini dikelilingi dengan pepohonan sehingga suasananya asri. Selain panorama alam, Watu Gunung juga dilengkapi dengan bangunan rumah joglo, yang merupakan rumah adat Jawa Tengah.

Lokasinya berada di Lerep Satu, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang.

Jika ingin menikmati libur akhir tahun yang seru bersama keluarga, maka New Bandungan Indah Waterpark bisa jadi alternatif.

Mengutip laman Visit Jawa Tengah, obyek wisata ini merupakan taman air dengan sejumlah fasilitas seru bagi pengunjung. Sebut saja, kolam renang, perosotan, dan sebagainya.

New Bandungan Indah Waterpark juga dilengkapi dengan kafe dan resort keluarga. Lokasinya berada di Jalan Veteran No. 3, Krajan, Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

17. King Garden 

King Garden merupakan obyek wisata yang memiliki banyak spot foto instagramable, seperti dikutip dari Tribun Travel (4/8/2021).

Sejumlah spot foto di King Garden antara lain sangkar burung raksasa, taman bunga, rumah joglo, gazebo, dan sebagainya.

Obyek wisata yang diresmikan pada 2018 ini, juga dilengkapi dengan villa, kafe, area parkir, toilet, mushola, dan lainnya. King Garden sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga karena fasilitasnya memada.

Lokasinya berada di Tlogosari, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Gedong Pass atau G-Pass termasuk obyek wisata baru yang buka pada 2019 lalu.

Mengutip Kompas.com (11/5/2021), ikon obyek wisata ini adalah replika perahu kayu yang merupakan spot foto favorit. Perahu tersebut berada di ketinggian 1.700 mdpl serta menghadap Rawa Pening.

Pengunjung bisa berfoto di atas perahu dengan latar belakang lautan awan. Lokasinya berada di  Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. 

19. I’Ampelgading Homeland 

I’Ampelgading Homeland merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi tepatnya 1.300 mdpl. Berada di lereng Gunung Ungaran, destinasi wisata ini memiliki udara sejuk khas pegunungan.

Mengutip Tribun Travel, (29/6/2021), sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung antara lain camping, trekking, naik jeep, outbond, dan melihat panorama sunrise serta sunset. 

Lokasinya berada di Dusun Ampelgading, Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

20. Ngasem Park 

Obyek wisata ini berada dalam satu kawasan dengan Taman Bunga Setiya Aji. Serupa, Ngasem Park juga menyajikan aneka bunga berwarna-warni yang menyegarkan mata.

Selain itu, Ngasem Park memiliki ikon wisata yakni replika rumah hobbit. Jika datang bersama anak-anak, maka mereka bisa foto di depan rumah hobbit tersebut.

Selain taman bunga dan rumah hobbit, ada spot foto instagramable lainnya, seperti pintu langit, gardu pandang, dan lain-lain.

https://travel.kompas.com/read/2022/12/11/222230627/20-tempat-wisata-tahun-baru-di-bandungan-yang-cocok-untuk-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke