Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Snorkeling dan Diving di Sabang, Asyik Lihat Terumbu Karang

KOMPAS.com - Kota Sabang di Provinsi Aceh populer dengan keindahan alamnya yang memukau, terutama destinasi wisata baharinya. 

Jika sedang singgah di Aceh, melipir sejenak untuk menikmati panorama laut serta menjajal snorkeling dan diving bisa menjadi pilihan. 

"Di Sabang juga bisa snorkeling, diving," kata Tim Marketing Aceh Tour Faisal kepada Kompas.com saat ditemui di gelaran travel fair di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Jika ingin snorkeling atau diving di Sabang, Kompas.com merangkum beberapa spot yang bisa dijajal.

Dilansir dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Pantai Sumur Tiga berlokasi di pantai timur Pulau Weh atau sekira 15 menit dari Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh.

Pantai yang berpasir putih ini dikenal dengan panorama alam mempesona, sehingga tak sedikit wisatawan yang datang ke tempat ini.

Di Pantai Sumur Tiga wisatawan bisa snorkeling dan diving.  Apabila tidak memiliki peralatannya, wisatawan bisa menyewanya di sekitar pantai.

Pulau Rubiah adalah pulau cantik dan asri seluas 2.600 hektar yang terkenal dengan keindahan alam bawah laut, dilansir dari laman resmi Jaringan Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Faisal mengatakan, Pulau Rubiah salah satu tempat snorkeling dan diving populer di Sabang. 

"Biasanya snorkeling kita menyeberang ke Pulau Rubiah," ujarnya.

Pantai Iboih sebenarnya adalah pelabuhan yang biasa digunakan wisatawan ataupun warga setempat untuk menuju ke Pulau Rubiah, dilansir dari laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh.

Meski demikian, Pantai Iboih juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah cantiknya.

Pantai Iboih memiliki air laut yang jernih dan warnanya bergradasi hijau-biru, ditambah hamparan pasir putih yang bersih dan dikelilingi oleh hutan lindung.

Jika tidak ingin jauh-jauh ke Pulau Rubiah kamu bisa snorkeling dan diving langsung di pantai dengan gelombang yang tenang. 

Di Pantai Iboih juga disediakan tempat penyewaan alat-alat diving dan snorkeling.

Para wisatawan dapat menikmati keanekaragaman bawah laut dengan berbagai macam spesies ikan dan terumbu karang di Pantai Iboih.

Selain itu, juga dapat menikmati keindahan gunung berapi yang berada di bawah permukaan laut.

Dilansir dari laman resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, kegiatan menyelam dan snorkeling selalu menjadi kegiatan paling utama ditawarkan di Pantai Gapang.

Jika tak ingin repot, wisatawan bisa menyewa perlengkapannya di pantai ataupun resor sekitar.

Begitu pula dengan diving, pusat olahraga selam atau dive center sudah banyak beroperasi di Pantai Gapang untuk membantu para wisatawan.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/28/164500227/4-tempat-snorkeling-dan-diving-di-sabang-asyik-lihat-terumbu-karang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke