Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Serpekan Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dari 6-15 April 2024 memberi dampak positif terhadap pergerakan aktivitas wisata di beberapa destinasi di Indonesia termasuk Labuan Bajo, Flores, NTT.

Frans Teguh, Plt. Direktur Utama BPOLBF, menjelaskan dari data air traffic Bandara Komodo mencatat total pergerakan penumpang sejak H-7 hingga H+4 lebaran, Senin, 15 April 2024 adalah sebanyak 35.750 paks.

“Angka ini meningkat 14 persen dibandingkan tahun 2023,” kata Frans di Labuan Bajo, Kamis (18/4/2024).

Wisatawan Wajib Didampingi Pemandu Saat Berkunjung ke TN Komodo

15 Kapal Pesiar dari Luar Negeri Angkut 11.912 Pengunjung ke TN Komodo, Januari-Maret 2024

KSOP Kelas III Labuan Bajo mencatat bahwa sejak tanggal 8 April hingga 15 April 2024, tercatat sebanyak 400 perjalanan Kapal Wisata di Labuan Bajo dengan destinasi yang dituju seperti Pulau Padar, Komodo, Rinca, Sebayur, Taka Makassar, Batu Bolong, Sabolo, dan Pulau Kalong.

Masing-masing kapal ini membawa tamu sebanyak 3-38 penumpang, sesuai dengan kapasitas masing-masing kapal.

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) juga mencatat, libur lebaran yang berlangsung di Labuan Bajo Flores berjalan lancar, aman, dan nyaman, lintas stakeholder memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal selama libur.

BPOLBF, lanjut dia, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak di Labuan Bajo Flores pada khususnya dan NTT pada umumnya yang telah menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat maupun wisatawan yang berwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Kami juga berharap dengan berbagai data yang menunjukkan trend positif dari kegiatan wisata selama libur lebaran ini dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya," tutup Frans.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/18/113115727/libur-lebaran-tren-kunjungan-wisatawan-di-labuan-bajo-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke