Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2013, 12:30 WIB
EditorI Made Asdhiana
LIBUR sekolah telah tiba. Jelang Natal dan Tahun Baru saatnya bergembira bersama. Sambutlah rayuan mal-mal terkemuka di Jakarta, mulai dari gelaran diskon besar-besaran sampai atraksi menarik kelas dunia. Tak perlu sungkan tak belanja, tetapi jangan lewatkan tawaran merasakan hujan saljunya.

Tengok saja Mal Ciputra dan Central Park Mall di Jakarta Barat atau Lotte Shopping Avenue di Jakarta Selatan yang sudah sejak lama menyiapkan atraksi menarik itu.

Di Central Park Mall, hujan salju turun di Taman Tribeca yang ada di kawasan itu setiap Jumat-Minggu pukul 19.00, 20.00, dan 21.00 masing-masing selama 15 menit. Di area seluas 200 meter persegi berbentuk setengah lingkaran di tengah taman, pengunjung akan merasakan guguran ”salju” yang tidak dingin dan tidak mudah mencair karena berupa busa putih yang diembuskan mesin-mesin khusus.

Nuansa yang tercipta menyerupai hujan salju di Eropa atau Amerika. Di dekat area hujan salju berdiri pohon Natal setinggi 38 meter bernuansa putih. Di malam hari, taman ini berubah menjadi taman cahaya dengan permainan lampu putih yang menghias rumput, instalasi rusa bertanduk, dan lima anak kecil bersayap di samping pohon natal. Terdapat pula terowongan berhias lampu yang menambah semarak taman. Hujan salju berlangsung setiap akhir pekan hingga 5 Januari. Pada tanggal 25 Desember dan 1 Januari, suasana tambah meriah dengan pesta kembang api.

Media and Public Relation Officer Central Park Anastasia Prima mengatakan, hujan salju ini ada untuk memberi pengalaman sensasi musim dingin bagi pengunjung. Meskipun saljunya tidak dingin, cara ini dinilai ampuh memuaskan keingintahuan akan romantisme musim dingin ala Eropa.

”Orang Jakarta banyak lho ke luar negeri cuma untuk merasakan musim dingin,” kata Anastasia.

Di Mal Ciputra, hujan salju turun setiap hari pada pukul 13.00-17.00. Salju turun sejam sekali dengan durasi masing-masing 10 menit. Hujan salju khusus di dalam kubah yang dapat dimasuki setelah melintasi lorong pendek. Kubah itu agak gelap dengan hiasan lampu-lampu kecil sehingga guguran ”salju” yang turun tampak syahdu. Kubah salju ini bagian dari dekorasi keseluruhan yang bertema ”Fantasy Forest” dengan suasana hutan cemara berwarna-warni dan chalet atau rumah kayu khas Eropa yang memberi rasa hangat.

Di hutan fantasi ini hidup enam tokoh karakter binatang, yakni gajah pesolek bernama Lady Booty, rusa penyuka tidur bernama Uncle D, unicorn atau kuda bertanduk satu penggemar belanja yang dipanggil Miss Purple, dan tiga panda penggila pesta berjuluk Red Bow Tie Trio.

”Anak-anak senang, seolah main salju benaran,” kata seorang pengunjung, Ratna (38), yang datang bersama anak dan keponakannya ke Mal Ciputra. Ia lantas memotret sang keponakan yang menengadahkan tangannya ke atas menanti guguran hujan salju dan kepalanya dipenuhi titik-titik buih putih.

Hujan salju di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, dibuat setiap pukul 14.00 dan 19.00 selama masing-masing 10 menit. Suasana ini juga dimeriahkan acara bagi-bagi kado natal oleh Santa, Santarina, dan maskot Lotte Shopping Avenue pada 13-29 Desember.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+