Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermalam di Sarang Singa Afrika

Kompas.com - 05/07/2015, 12:37 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

BERMALAM di padang sabana Afrika Selatan, tempat tinggal binatang buas Singa Afrika menjadi pengalaman yang baru sekaligus berkesan di dalam hati. Sempat terbersit, kalau lokasi penginapan "Lodge" Tamba Misti, di tengah hutan konservasi buatan Welgevonden Game Reserve, Vaalwater, Limpopo, Afrika Selatan akan menawarkan fasilitas seadanya. Tapi, pemikiran ini kandas, karena pondok ini dilengkapi kemewahan setara hotel bintang lima.

Akses menuju penginapan ini lumayan jauh, kami harus berkendara sekitar 1,5 jam mengendarai mobil offroad dari basecamp Welgevonden Game Reserve yang berada di pintu masuk hutan konservasi. Jalan yang ditempuh juga bukan aspal, hanya jalur (mobil) tanah dan berbatuan. Kondisi jalan cukup ekstrem, dipastikan mobil standar tak bisa melaluinya karena berkelok tajam, dengan tambahan tanjakan dan turunan curam.

Secara total, fasilitas hutan konservasi milik swasta ini terbentang luas hingga 37.000 hektar. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi hewan buas, sedikitnya 50 jenis mamalia, termasuk  "Africa's Big Five", yakni singa, macan tutul, gajah, banteng Cape, dan badak.

Selama perjalanan menuju penginapan, kami sudah menjumpai beberapa hewan yang hidup bebas di tempat ini, mulai dari zebra, antelope, jerapah, sampai sang raja hutan singa Afrika.

Agung Kurniawan/Kompas.com Tempat api unggun di teras bangunan utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com