Kompas.com - 28/05/2016, 08:32 WIB
Herod Atticus Odeon adalah bukti cinta Herodus kepada istrinya. Theater ini berkapasitas 5.000 penonton. ARSIP KOMPAS TVHerod Atticus Odeon adalah bukti cinta Herodus kepada istrinya. Theater ini berkapasitas 5.000 penonton.
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com — Athena perlahan-lahan tetapi pasti merekonstruksi serpihan-serpihan reruntuhan kejayaan bangsa Romawi.

Museum dan situs-situs bersejarah menjadi daya pikat utama negeri para dewa ini. Wisata ke Athena dan sejumlah destinasi lainnya di wilayah Mediterania bisa dilakukan dengan menggunakan kapal pesiar. Kali ini, Tim Weekend Yuk, KompasTV berpesiar dengan sebuah cruise bernama Riviera dari Oceania Cruise.

Untuk sampai di Athena di mana Riviera berlabuh, saya memulai perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Setelah transit di sejumlah bandara, seperti Bandara Changi di Singapura dan Hamad International Airport di Doha, akhirnya saya sampai di Eleftherios Venizelos, Athena International Airport. Riviera sendiri bersandar di Pelabuhan Pireus. Sekitar dua jam perjalanan dari Bandara Athena.

Jika Anda berniat menetap di Athena, Anda bisa memilih menginap di hotel di sekitar kompleks Acropolis Museum. Daerahnya Koukaki dan Plaka. Karena kedua daerah tersebut merupakan tempat turis, maka selain hotel, tersebar juga kafe dan restoran juga beragam toko suvenir di sepanjang area tersebut.

Gang-gang sempit di Plaka menawarkan aneka oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para turis. Restoran dan kafe pun gigih menawarkan aneka hidangan khas Yunani kepada para wisatawan.

ARSIP KOMPAS TV Suasana dalam Acropolys Museum yang banyak terdapat koleksi patung dan reuntuhan kuil pada zaman Romawi juga patung-patung Dewi Athena.
Sejak dinyatakan bangkrut akibat terlilit utang, sektor pariwisata masih menjadi penyumbang utama pendapatan Yunani. Data dari asosiasi pengusaha wisata di Yunani menunjukkan, sektor pariwisata menyumbang hingga 9 persen pendapatan Yunani atau sekitar 250 juta euro.

Tempat yang juga patut Anda kunjungi saat berada di Athena adalah Acropolys Museum. Di dalam museum yang dibangun agar tahan gempa ini, tersimpan ribuan patung dan relik sejarah yang ditemukan di Yunani. Luas museum 25.000 meter persegi, terdiri atas tiga tingkat. Dilengkapi dengan diorama dan teater. Biaya masuknya hanya 5 euro.

Penyuka literatur zaman prasejarah akan suka berada di sini. Anda bisa mengenal sosok dewa-dewa dalam mitologi Yunani. Athena adalah putri kesayangan Dewa terkuat Zeus dari Dewi Metis.

Athena digambarkan sebagai dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Athena juga pelindung bagi kotanya. Karenanya, tak heran jika reruntuhan dan patung banyak berupa pemujaan terhadap Athena. Dari Acropolys Museum, perjalanan berlanjut ke situs Acropolis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X