Ternyata Ini Standar Membuat Gelato yang Nikmat di Italia

Kompas.com - 25/11/2017, 17:32 WIB
Gelato Choco Wind Proof atau gelato coklat anti masuk angin dari Ron s Laboratory. TRIBUNNEWS.COM/ DANIEL NGANTUNGGelato Choco Wind Proof atau gelato coklat anti masuk angin dari Ron s Laboratory.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - " Gelato itu pleasure, jika membuatnya dengan baik dan benar," tutur penyelenggara kompetisi gelato dari perusahaan produsen mesin gelato Montebianco, Italia.

Produksi gelato di negeri asalnya memang sangat diperhatikan. Proses pebuatan gelato lebih rumit jika dibandingkan dengan es krim. Namun, menurut Albert, jika kita menaati peraturan, dan disiplin terhadap resep yang benar, akan terasa mudah.

(Baca juga : Jangan Tertipu, Ini Ciri Gelato yang Nikmat dan Lezat)

Albert, dan Roberto Geraci, seorang Artisan dan Konsultan Gelato dari Italia, mau berbagi standar pembuatan gelato yang berasal dari negaranya kepada KompasTravel.

1. Kandungan Udara

Udara dalam gelato dan es krim ternyata menjadi komponen yang sangat penting. Namun, kandungannya jadi pembeda antara keduanya.

(Baca juga : Gelato Rasa Bandrek hingga Nasi Uduk Pandan di SIAL Interfood 2017)

"Gelato membutuhkan udara hanya 30 persen dari jumlah udara yang digunakan es krim untuk mengembang," kata Albert kepada KompasTravel, di sela-sela Gelato Competition, SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).

Oleh karena itu, es krim lebih mengembang teksturnya, karena lebih banyak udara, dibanding gelato yang padat.

Lomba gelato pertama di Indonesia, dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Lomba gelato pertama di Indonesia, dalam acara SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).

2. Kandungan Lemak

Lemak juga jadi salah satu pembeda antara es krim dan gelato. Banyak yang bilang gelato lebih rendah lemak, tetapi berapakah nilai pastinya?

"Lemak pada es krim maksimum 25 persen, sedangkan dalam gelato lemak tidak boleh lebih dari delapan persen," terang Roberto Geraci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X