Tips Memilih Bus yang Nyaman untuk Mudik - Kompas.com

Tips Memilih Bus yang Nyaman untuk Mudik

Kompas.com - 08/06/2018, 17:15 WIB
Calon penumpang berjalan menuju deretan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (9/7), menjelang puncak arus mudik tahun 2015 ini. 

KOMPAS/PRIYOMBODO Calon penumpang berjalan menuju deretan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (9/7), menjelang puncak arus mudik tahun 2015 ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanan saat mudik ke kampung halaman memang tak bisa ditawar. Apalagi bagi yang memiliih moda transportasi darat di luar kereta api.

Waktu tempuh yang cenderung lama membuat kenyamanan saat menumpang kendaraan menjadi yang utama.

Hal ini berlaku bagi banyak penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapat fasilitas maksimal saat mudik.

"Untuk kenyamanan bisa memilih bus dengan suspensi udara. Naik bus jasi serasa diayun, kalau naik bus per biasa itu seperti diguncang. Suspensi udara ini membuat lebih tidak terasa jika lewat jalanan tidak rata atau berlubang," jelas Pemerhati transportasi bus, AM Fikri saat dihubungi KompasTravel, Kamis (7/6/2018).

Baca juga: Bus Tingkat Premium atau Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Hal berikutnya yang patut diperhatikan, menurut Fikri, adalah kebersihan kabin dan keramahan kru bus.

"Perhatikan juga penampilan kru kabin, misalnya pakai sepatu dan seragam karena itu mencerminkan disiplin perusahaan (otobus)," jelas Fikri.

Interior bus Hino RM 380.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Interior bus Hino RM 380.

Selanjutnya ada jumlah kursi. Semakin sedikit jumlah kursi di bus akan semakin nyaman karena jarak antar kursi yang lebar.

Ini memungkinkan ruang gerak dan ruang rentang kursi yang lebih luas bagi penumpang.

"Kalau kursi lebih ke selera. Bahan kursinya entah itu kulit atau bukan itu tergantung selera, karena kalau bus sudah jalan dan malam hari AC dingin dan harus pakai selimut," kata

Terakhir Fikri menyarankan untuk rajin melihat ulasan penumpang lain di internet, terutama di media sosial. Banyak penumpang yang mengulas mengenai kenyamanan dan desain interior bus.

Informasi ini dapat membantu sesama penumpang untuk menentukan pilihan bus AKAP untuk mudik ke kampung halaman.


Komentar

Close Ads X