Kompas.com - 26/06/2018, 17:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rombongan pertama 254 wisatawan mancanegara (wisman) asal Polandia tiba di Denpasar, Bali, dengan pesawat charter LOT Polish Airline pada Senin (25/6/2018).

Para wisatawan mancanegara tersebut disambut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir; Duta Besar RI untuk Polandia, H.E. Peter F Gontha; serta Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H. E. Beata Stoczyska ikut menyambut.

Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kemenpar, Agustini Rahayu, seusai menyambut di Bandara I Gusti Ngurah Rai mengatakan total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang berjumlah 2.540 orang.

“Rombongan yang tiba hari ini merupakan grup pertama dari total 10 grup yang akan datang dan berlibur ke Indonesia. Total keseluruhan wisman asal Polandia yang akan datang dengan pesawat LOT Polish Airline ini total 2.540 wisman sampai Oktober 2018," kata wanita yang akrab disapa Ayu tersebut.

Kedatangan wisman asal Polandia ini merupakan bentuk kerjasama program charter penerbangan langsung Warsawa–Denpasar sejak 2016.

Wisatawan Polandia disambut Kementerian Pariwisata dan para duta besar di Bandara I Gusti Ngurahrai, Denpasar, Bali, Minggu (25/6/2018).Kementerian Pariwisata Wisatawan Polandia disambut Kementerian Pariwisata dan para duta besar di Bandara I Gusti Ngurahrai, Denpasar, Bali, Minggu (25/6/2018).
“Setiap kelompok wisman Polandia akan berlibur di Indonesia selama 14 hari. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif dalam upaya pencapaian target kunjungan wisman ke Indonesia, dan Kementerian Pariwisata sangat mengapresiasi bentuk kerja sama ini,” tambah Agustini.

Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (25/6/2018) menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya keunggulan wisman Eropa adalah pada spread atau spending dengan rata-rata 1.538 dollar AS tiap wisman per kunjungan.

"Meskipun jumlah wisatawan China lebih besar dari sisi total nilai, namun untuk perolehan devisa atau spending wisatawan Eropa lebih unggul mencapai 2,6 miliar dollar AS, sedangkan devisa dari wisatawan China sebesar 1,9 miliar dollar AS," kata Arief.

Angka statistik Kementerian Pariwisata mencatat sekitar 1.862.231 wisman asal negara Eropa berkunjung ke Indonesia sepanjang 2017.

Untuk 2018, Kementerian Pariwisata menetapkan target sebanyak 2,2 juta wisman asal Eropa atau 17 juta wisman secara keseluruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.