Semarakkan Asian Games di Jakarta, Kerajaan Arab Saudi Gelar Festival Kebudayaan

Kompas.com - 26/08/2018, 13:16 WIB
Pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAPameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Memeriahkan Asian Games 2018 di Indonesia, Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi membuat pameran kebudayaan Saudi House di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta, 19-22 dan 24-28 Agustus 2018.

Pameran Saudi House ini bebas dikunjungi oleh wisatawan manapun khususnya Indonesia. Selama pameran, wisatawan disuguhkan berbagai paviliun yang meliputi: kaligrafi, seni visual Saudi, kurma, Zamzam, henna, dua masjid muci, dan masakan tradisional.

Selain itu terdapat panggung utama yang menyajikan pertunjukan-pertunjukan kebudayaan tradisional kerajaan Asab Saudi. Uniknya di dalam area acara 4.500 meter persegi dibangun tenda-tenda gurun khas Arab Saudi untuk wisatawan beristirahat dan menonton pertunjukan.

"Tujuan dalam rangka Memeriahkan Asian Games mendukung atlet-atlet Saudi, sambil memperkenalkan potensi dan kebudayaan kita utamanya ke masyarakat Indonesia," tutur Moudy Alsudairi, Saudi House Representative kepada KompasTravel di tempat acara, Jakarta, Jumat (24/8/2018)

Salah satu stan kebudayaan mempraktikan pembuatan kaligrafi khas Arab Saudi gratis untuk pengunjung, di pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu stan kebudayaan mempraktikan pembuatan kaligrafi khas Arab Saudi gratis untuk pengunjung, di pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).
Ia mengatakan ini baru yang pertama kalinya Saudi House digelar, dan mendapat respon luar biasa dari masyarakat Indonesia.

Pengunjung terlihat membludak bahkan dari petugas kemanan harus memberlakukan tiga kali buka tutup pintu masuk pada hari itu.

KompasTravel yang berkesempatan keliling menikmati berbagai paviliun, tertarik mengunjungi paviliun kaligrafi Arab. Di sana pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan penggunaannya di zaman modern, yang merupakan esensi kunci dari seni Islam.

Pengunjung juga bisa belajar membuatnya, atau mengambil kupon untuk dibuatkan kaligrafi dari namanya sendiri. Sepanjang dinding paviliun ini ditampilkan berbagai lukisan, fotografi, dan karya seni kaligrafi seniman Saudi.

Tidak jauh dari itu juga ada kesenian henna yang bisa dicoba pengunjung wanita.

Suasana paviliun dua masjid suci di Arab Saudi, dalam pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana paviliun dua masjid suci di Arab Saudi, dalam pameran kebudayaan Arab Saudi, Saudi House dalam rangka mengenalkan budaya selama Asian Games 2018, berlangsung di Resto Pulau Dua, Jakarta, Jumat (24/8/2018).
Perjalanan berlanjut ke paviliun dua masjid suci, yang menghadirkan serba serbi Masjidil Haram di Makkah dan Masjid An Nabawi di Madinah, mulai dari video presentasi, hingga miniatur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X