10 Buah Tangan Wajib dari Kota Medan - Kompas.com

10 Buah Tangan Wajib dari Kota Medan

Kompas.com - 04/09/2018, 18:23 WIB
Proses pengemasan durian di Durian Ucok, Medan, Sumatera Utara. Gambar diambil pada Kamis (25/8/2016)KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Proses pengemasan durian di Durian Ucok, Medan, Sumatera Utara. Gambar diambil pada Kamis (25/8/2016)

KOMPAS.com – Kota Medan punya banyak makanan dan suvenir yang cocok dijadikan buah tangan.

Mulai dari kain tradisional, kue khas, hingga durian, berikut daftarnya.

1. Bika Ambon

Tak seperti namanya, kue ini merupakan jajanan oleh-oleh khas Kota Medan. Bika Ambon terbuat dari tepung tapioka, santan, gula, telur dan air nira.

Tempat yang menjual bika Ambon populer di Medan adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No 62 dan 96 D-E-F.

2. Bolu Meranti

Kue gulung dengan tekstur lembut ini sudah jadi ciri khas oleh-oleh dari Medan. Bolu meranti memiliki beragam varian rasa mulai dari nanas, keju, stroberi, mocca, kacang, sampai blueberry.

Bolu dapat bertahan sampai tiga hari di luar lemari es. Anda bisa membelinya di Jalan Kruing 2K dan Jalan Sisingamangaraja No 19B.

3. Durian dan olahannya

Selain kue, Anda bisa jadikan durian sebagai oleh-oleh. Mulai dari durian asli hingga olahannya seperti pancake durian, es krim durian, hingga jus durian.

Anda bisa berkunjung ke gerai Ucok Durian di jalan Wahid Hasyim. Jangan khawatir bagi yang ingin membawanya naik pesawat, karena oleh-oleh akan dikemas secara khusus.


Di pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg.Iwan Supriyatna/Kompas.com Di pasar Cisalak, Depok, harga teri medan Rp 140.000 per Kg, lebih mahal ketimbang daging sapi yang mencapai Rp 110.000 per Kg.

4. Teri Medan

Teri Medan biasanya diolah dengan ragam jenis makanan lainnya. Teri medan juga dijual mentah dan dikemas dalam berbagai ukuran dengan harga Rp 70.000 hingga Rp 80.000 per kilogram.

Jika ingin membelinya sebaga oleh-oleh, Anda bisa datang ke Jalan Majapahit dan sekitarnya. Di sana berderet penjual teri medan mentah.

5. Kacang Sihobuk

Kacang yang berasal sari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara ini rasanya manis dan gurih. Anda bisa menemukan kacang ini di berbagai toko oleh-oleh di Medan.

6. Risol Spesial Gogo

Jangan lewatkan untuk membeli risol berkulit tipis ala Medan, yakni Risol Spesial Gogo yang dapat ditemui di kawasan Jalan Majapahit.

Risol Spesial Gogo menyajikan isian risol yang lembut nan gurih, terdiri dari buncis, kentang, wortel, juga daging ayam yang dipotong kecil.

Ilustrasi biji kopiTharakorn Ilustrasi biji kopi

7. Kopi Sidikalang

Kopi sidikalang dipercaya sebagai jenis kopi yang memiliki kualitas terbaik. Anda bisa mencari kopi ini di sentra oleh-oleh di Kota Medan.

8. Sirup Buah Markisa

Ada dua jenis sirup yang terkenal di Medan yaitu Markisa Jus Pohon Pinang dan Markisa Sarang Tawon.

Untuk mencicipinya, tinggal arahkan kendaraan menuju berbagai sentra oleh-oleh di Kota Medan.

9. Manisan Buah

Manisan di Medan biasanya kering dengan bagian gula yang menempel utuh. Selain itu ada juga manisan basah, dengan gula cair yang meresap pada buahnya.

Olahan manisan buah-buahan itu dapat Anda temui di Jalan Kriung, Medan.

Para diplomat Kemenlu RI mengunjungi sentra kerajinan Ulos Sianipar di Jalan AR Hakim, Gang Pendidikan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/3/2018).ARYA DARU PANGAYUNAN Para diplomat Kemenlu RI mengunjungi sentra kerajinan Ulos Sianipar di Jalan AR Hakim, Gang Pendidikan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/3/2018).

10. Kain Ulos

Tak hanya ragam olahan makanan dan minuman, kain ulos juga bisa menjadi oleh-oleh. Kain ulos sendiri merupakan identitas kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Anda bisa menemukannya di sentra penjualan kain ulos di Jalan AR Hakim Gang Pendidikan No130, Kelurahan Binjai, Kota Medan.


Komentar
Close Ads X