Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2018, 11:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil melakukan pertemuan dengan calon wakil presiden, Sandiaga Uno, di salah satu kedai kopi di Mega Kuningan, Jakarta.

Dalam sosial medianya Ridwan Kamil memposting swafotonya bersama Sandiaga Uno, dan mengaku menikmati kopi jawa barat yang "juara" di kedai Meanwhile, di tengah Kota Jakarta. 

Penasaran dengan kedai kopi pilihan keduanya, KompasTravel coba merasakan sensasi menyeruput kopi jawa barat di kedai tersebut. Kedai Meanwhile Coffee berada di Jalan Perintis no 16, Mega Kuningan, Jakarta, tepat di sisi gedung Kuningan Guest House.

Jangan bayangkan kafe yang berada di salah satu pusat bisnis Jakarta ini seperti kafe franchise luar negeri yang besar nan menjamur banyak di ibukota. Kedai ini cukup sederhana, dengan desain minimalis berkonsep industrial.

Kafe kopi Meanwhile, yang dipilih Ridwan Kamil bertemu dengan Sandiaga Uno di Mega Kuningan, Jakarta saat diku jungi KompasTravel, Senin (17/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kafe kopi Meanwhile, yang dipilih Ridwan Kamil bertemu dengan Sandiaga Uno di Mega Kuningan, Jakarta saat diku jungi KompasTravel, Senin (17/9/2018).
Warna hijau tosca, berpadu abu dan putih menghiasi dekorasi ruangan sembilan kali empat meter. Lokasinya yang masuk areal guest house pun membuat suasana tenang, jauh dari riuh ramai kendaraan Ibu Kota.

"Iya benar mas, waktu itu pa RK sama Sandiaga ngopi bareng di sini," ujar Putra Dwi (22) seorang barista Meanwhile Coffee setelah menyambut KompasTravel, malam Senin (17/9/2018).

Ia mengatakan Ridwan Kamil memesan kopi hitam filter dengan teknik manual dan biji kopi dari Gunung Tilu, Kabupaten Bandung. Saya pun spontan memesan jenis kopi yang sama, hanya saja saat itu Ridwan Kamil memesannya hangat, dan saya memilih dingin.

"Kalau Pak Sandiaga lebih suka yang campur susu, cappucino milihnya waktu itu," ujar Ary Rubiyono, salah satu pemilik kafe ini yang kebetulan sedang ada di sana.

Selain memiliki mesin espresso, kafe ini menyajikan banyak kopi manual. Biji kopi yang digunakan pun bervariasi, mulai kopi lokal seperti kopi Gunung Puntang, Malabar, Gunung Tilu, Bali, Aceh, dan Toraja.

Saat KompasTravel, ke sana terlihat cukup banyak biji kopi asal Jawa Barat, termasuk yang di pesan RIdwan Kamil. Meski begitu, Ary mengatakan hanya kebetulan saja stok yang ada dari Jawa Barat.

Kopi manual brew jawa barat, di kafe kopi Meanwhile, yang dipilih Ridwan Kamil bertemu dengan Sandiaga Uno di Mega Kuningan, Jakarta saat diku jungi KompasTravel, Senin (17/9/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kopi manual brew jawa barat, di kafe kopi Meanwhile, yang dipilih Ridwan Kamil bertemu dengan Sandiaga Uno di Mega Kuningan, Jakarta saat diku jungi KompasTravel, Senin (17/9/2018).
"Kebetulan aja kita lagi punya banyak kopi dari Jawa Barat, bukan khusus Jawa Barat sih. Nanti kalau abis juga ganti lagi, kita cari yang jarang," tuturnya kepada KompasTravel.

Selain itu mereka banyak menggunakan biji kopi luar yang tidak biasa. Ada biji kopi el salvador rostingan Berlin Jerman, biji kopi kenya roastingan onibus Jepang, biji kopi kolla bolcha dari Ethiopia, dan banyak lagi.

"Pesanan paling banyak filter, beans-nya ke lokal. Tapi kita juga punya banyak beans impor yang jarang ditemui di Indonesia. Salah satunya garelli, Brazil, juara roasting dunia 2018," tutur Aryo, sang empunya kafe kopi.

Biji-biji kopi tersebut menurutnya sengaja ia cari yang jarang disajikan di Indonesia. Selain karena hobi, juga untuk menyasar pasar para penggemar kopi. Tak hanya menjual kopi siap minum, melainkan ia juga menjual biji kopi mentahnya.

Sedikit terheran ketika KompasTravel melihat daftar harga di menunya, ekspektasi harga tinggi di tengah salah satu pusat bisnis ibukota sirna. Mereka menjual kopi mulai harga Rp 15.000 untuk espresso, hingga Rp 45.000 untuk filter kopi dengan biji import.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com