Pecinta Roti Harus Tahu, Ini Negara Penghasil Roti Terbaik di Dunia

Kompas.com - 10/12/2018, 13:21 WIB
Pembuat roti di Jerman. Dok. CNN Travel InternationalPembuat roti di Jerman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Toko roti Perancis mungkin terkenal seantero dunia. Tetapi jika bicara negara penghasil roti terbaik dunia, Jerman juaranya. Ada berbagai alasan mengapa Jerman didaulat sebagai negara penghasil roti terbaik dunia.

Budaya membuat roti di Jerman bahkan masuk ke dalam daftar Warisan Budaya Dunia Tak Benda dari UNESCO pada 2015. Berikut adalah fakta menarik soal budaya membuat roti di Jerman:

1. Sejarah Perkembangan Roti di Jerman

Sampai abad 19, Jerman adalah wilayah yang terdiri dari ratusan kota kecil dan kerajaan. Masing-masing kota atau kerajaan memproduksi roti yang menjadi ciri khas tersendiri.

Perdagangan yang berkembang pesat pada abad pertengahan juga membantu distribusi pengenalan roti masing-masing daerah di Jerman.

2.  Jenis Roti Berjumlah Fantastis

Saat ini adalah lebih dari 3.200 jenis roti yang terdaftar resmi di German Institute for Bread. Banyaknya jenis roti di Jerman juga didorong kreativitas masyarakat yang tidak dapat mengolah gandum.

Sebab Jerman adalah negara yang tidak mendapat sinar matahari berlimpah layaknya Perancis atau Italia, sehingga gandum putih tidak dapat tumbuh subur.

Alhasil yang digunakan adalah tanaman serelia lain seperti gandum hitam (rye) atau gandum dinkel (spelt). Hanya daerah bagian Selatan Jerman yakni Munich dan Stuttgart yang banyak mengolah roti berbahan gandum putih.

Roti jadi makanan pokok di Jerman. Dok. CNN Travel International Roti jadi makanan pokok di Jerman.

3. Ciri Khas Roti Jerman

Halaman:


Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X