Viral! Makan Bayar Rp 700 Ribu di Warung, Ini 4 Cara Menghindarinya

Kompas.com - 31/05/2019, 13:32 WIB
Ilustrasi: warung makan KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi: warung makan

KOMPAS.com – Beberapa waktu yang lalu, pemberitaan mengenai pembeli yang harus membayar Rp 700 ribu di warung makan seafood untuk porsi dua orang sempat viral.

Pemberitaan itu sontak menjadi perbincangan para warganet. Banyak orang berkomentar jika harga makanan yang dipatok terlampau tinggi. Banyak pula orang yang menganggap jika pemilik warung sengaja “memukul” pembeli dengan harga itu.

Baca juga: 7 Tips Mudik Jarak Jauh Naik Motor agar Selamat sampai Tujuan

Sementara itu, ada alasan tersendiri mengapa penjual bisa mematok harga makanan dengan harga cukup tinggi tersebut. Salah satu alasannya bisa karena tingginya harga bahan makanan di pasar.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi kamu yang akan memulai mudik ke kampung halaman. Kisah viral pembeli tersebut sebenarnya bisa dihindari. Berikut ini 4 tips membeli makanan di warung agar harganya tidak terlampau tinggi:

1. Pilih warung makan yang menyediakan daftar harga makanan

Tips pertama dimulai dari pemilihan warung makan. Jika dalam perjalanan mudik kamu perlu berhenti di warung untuk mengusir lapar atau berbuka puasa, maka pilih warung yang menyediakan daftar harga makanan.

Jika daftar menu lengkap dengan harganya, maka kamu bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Kamu pun terhindar dari harga yang mengejutkan karena total biaya sudah bisa dihitung terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tips Mudik Asyik Naik Bus untuk Rayakan Idul Fitri 2019 di Rumah

Biasanya selain dipajang di dinding, daftar menu makanan disimpan oleh penjual. Mintalah daftar haga makanan kepada penjual sebelum memesan.

2. Tanyakan harga sebelum memesan

Jika tidak ada daftar harga makanan, tidak perlu terburu-buru untuk berprasangka buruk lalu mencari warung makan lainnya. Bisa saja pembeli memang tidak menyediakan harga makanan karena suatu alasan tertentu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X