Pesona Keindahan “Sunrise” di Gunung Ireng, Gunungkidul

Kompas.com - 01/06/2019, 12:00 WIB
Keindahan Matahari Terbit di Gunung Ireng, Yogyakarta. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKeindahan Matahari Terbit di Gunung Ireng, Yogyakarta.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Libur panjang Idul Fitri 2019 besok bisa kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang tak bisa dilakukan saat hari-hari biasa. Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah berburu keindahan matahari terbit ( sunrise).

Buat kamu yang berlibur ke Yogyakarta, ada banyak tempat untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Hal itu karena banyak terdapat kawasan pegunungan di Yogyakarta sebagai salah satu tempat terbaik menyaksikan sunrise.

Baca juga: Geoforest Watu Payung Turunan, Spot “Sunrise” Terbaik di Gunungkidul

Jika ingin berburu sunrise di lokasi yang tak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, kamu bisa menuju ke Gunung Ireng. Selain cukup dekat, jalan untuk sampai ke sana juga sudah baik dan mudah.

Gunung Ireng berada di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Jarak Gunung Ireng dari Tugu Jogja hanyalah sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Pesona lautan kabut di Gunung Ireng yang menawan

Gunung Ireng sebenarnya merupakan bukit yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 200 mdpl. Nama Ireng berasal dari satu kata dalam bahasa Jawa yang berarti hitam. Hal itu karena puncak bukit ini dipenuhi oleh batuan yang berwarna hitam.

Meski tidak terlalu tinggi, kamu bisa melihat panorama sunrise di Gunung Ireng tidak kalah indah dengan yang pemandangan tersaji di gunung dengan ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Spot Foto di Gunung Ireng, Gunungkidul Berlatar Belakang Lautan Kabut.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Spot Foto di Gunung Ireng, Gunungkidul Berlatar Belakang Lautan Kabut.
Lautan kabut kemungkinan besar akan menyambutmu begitu sampai di puncak Guning Ireng yang bisa dijangkau sekitar lima menit dari area parkir. Memandang panorama seperti itu, kamu bisa merasakan seperti sedang berdiri di atas awan.

Biasanya lautan kabut Gunung Ireng bisa ditemui sebelum matahari terbit sekitat pukul 05.00-05.30 WIB. Uniknya, lautan kabut itu berada di bawah puncak sehingga tidak menghalangi pemandangan ke arah jauh.

Momen matahari terbit yang memesona

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X