Selain Gurita Hidup, Ini 6 Makanan Ekstrem ala Korea

Kompas.com - 02/09/2019, 06:40 WIB
Sannakji, hidangan khas Korea terbuat dari gurita hidup yang dipotong-potong Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Sannakji, hidangan khas Korea terbuat dari gurita hidup yang dipotong-potong

JAKARTA, KOMPAS. com - Masyarakat Indonesia sempat dikejutkan dengan viralnya video YouTuber Ria Ricis memakan gurita hidup. Video ini kemudian mendapatkan kecaman dari komunitas pecinta hewan, Garda Satwa karena dianggap mengandung unsur kekerasan terhadap hewan.

Baca juga: Ria Ricis Makan Gurita Hidup, Ini Bedanya dengan Sannakji Hidangan Gurita Hidup Khas Korea

Di Indonesia memakan binatang dalam kondisi hidup masih dianggap tabu. Padaha di Korea, memakan gurita dalam kondisi hidup sudah dianggap lumrah. Salah satu hidangan gurita hidup ala Korea disebut Sannakji.

Sannakji adalah nama makanan berupa hidangan gurita jenis Octopus minor atau nakji yang secara harafiah berarti "bayi gurita". Gurita ini memiliki bentuk kecil berlengan panjang, serta hidup di pesisir laut sekitar Korea, Jepang, dan China.

Dikutip dari National Geographic, orang Korea percaya menyantap gurita hidup dapat menambah kekuatan dan menjaga stamina tubuh.

Baca juga: Mengapa Orang Korea Makan Gurita Hidup?

Makanan ini masuk dalam jenis hoe dalam Bahasa Korea atau sashimi dalam Bahasa Jepang. Artinya gurita disantap dalam kondisi mentah dan diolah saat gurita dalam keadaan hidup. Namun kerap kali, gurita dimakan hidup-hidup.

Selain sannakji, Korea ternyata mempunyai beragam makanan ekstrem lainnya. Berikut 6 di antaranya.

Gaebul atau cacing sendok hidup yang jadi salah satu makanan ekstrem ala Korea.TRIPZILLA/ J. Patrick Fischer Gaebul atau cacing sendok hidup yang jadi salah satu makanan ekstrem ala Korea.

1. Gaebul 

Orang Korea sangat suka makanan laut baik yang dimasak maupun yang mentah. Bahkan mereka tak jarang memakan hewan-hewan laut tersebut dalam kondisi hidup.

Gaebul atau cacing sendok merupakan salah satu hewan laut yang biasa dimakan hidup-hidup. Cacing ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Korea.

Bentuk cacing sendok mirip seperti phallic dan dikabarkan memiliki sifat afrodisiak atau dapat merangsang gairah seksual. Tak salah jika binatang laut ini juga kerap dijuluki sebagai "ikan penis".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber tripzilla
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X