1.000 Jawara Betawi Adu Pencak Silat di Rawa Belong

Kompas.com - 12/10/2019, 20:20 WIB
Salah satu jurus silat yang diperagakan Jawara di acara Galeri Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Jakarta, Sabtu (12/10/2019). Nicholas Ryan AdityaSalah satu jurus silat yang diperagakan Jawara di acara Galeri Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).


JAKARTA, KOMPAS.comKampung Silat Rawa Belong menggelar Galeri Seni Budaya Silat di Jalan Raya Rawa Belong, Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019). Acara ini menampilkan atraksi 1.000 pesilat dari ratusan perguruan pencak silat Betawi di Jabodetabek.

Acara digelar mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB dengan dibuka oleh rangkaian pertunjukan seni, seperti petasan, pawai, palang pintu, tari tradisional Betawi oleh anak-anak. Semua pertunjukan ini dilakukan oleh orang-orang asli dari Kampung Rawa Belong.

Menurut Ketua Seksi Acara Galeri Seni Budaya Kampoeng Silat Rawa Belong, Bachtiar yang juga pimpinan sanggar Si Pitung Rawa Belong, festival seperti ini merupakan hasil wujud nyata dari mimpinya masyarakat Rawa Belong yang sudah lama sekali menginginkan suatu pegelaran di Kampung Si Pitung.

Baca juga: 7 Tempat Wisata untuk Berburu Kerak Telor, Kuliner Khas Jakarta

“Ini sebagai kontribusi kita anak Betawi Rawa Belong, ini loh, ngkong Pitung, saya hadiahkan, satu wilayah Rawa Belong tanpa ada rekayasa, kita punya silat, lenong, tarian Betawi, kuliner Betawi, rebana kecimpring, kita punya qasidah, dan lain-lain,” kata Bachtiar kepada Kompas.com, Sabtu (12/10/2019).

Galeri Seni Budaya Kampung Silat Rawa Belong digelar bukan tanpa alasan. Bachtiar mengatakan pergelaran seni budaya ini bertujuan untuk menyatukan berbagai macam tradisi dan budaya Betawi di Rawa Belong.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X