Agen Perjalanan Open Trip Diduga Rugikan Traveler Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 06/12/2019, 19:15 WIB
Ilustrasi traveling twinsterphotoIlustrasi traveling

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus penipuan oleh penyelenggara perjalanan terbuka atau yang kini populer dengan open trip kembali terjadi.

Berbeda dengan First Travel yang merugikan jamaah Umroh, agen perjalanan open trip Easy To Holiday diduga melakukan penipuan yang merugikan calon traveler hingga ratusan juta rupiah.

Awalnya Easy to Holiday sempat mampu membawa para peserta paket open trip ke beberapa destinasi seperti Turki, India, Jepang, hingga Kashmir.

Baca juga: Ini yang Harus dilakukan Jika Tertipu Open Trip dan Tour Leader Bermasalah

Perjalanan berjalan lancar, bahkan para memberikan review positif soal pengalaman mereka pada akun instagram Easy to Holiday, @easy.toholiday.

"Easy to Holiday ini sempat dipakai temanku ke India dan review bagus. Jadi aku ke sana, ikut jadwal ke Turki di akhir November," kata Dwi Wulandari salah satu korban Easy to Holiday yang dihubungi Kompas.com lewat sambungan telepon pada Jumat (06/12/2019).

"Aku berpegang pada kesakisan temanku yang katanya layanannya bagus, jadi aku percaya dan bayar DP dulu Rp 10 juta," lanjutnya.

Dwi mengaku sudah mendaftar untuk open trip ke Turki di agen perjalanan lainnya, tapi karena jadwal yang dimundurkan, maka ia pun pindah ke Easy to Holiday.

Masalah mulai terjadi pada akhir Oktober 2019 kala pemilik tidak muncul untuk menemani para peserta open trip ke Jepang.

Baca juga: Ini Kata Milenial soal Liburan Menggunakan Jasa Open Trip

Para peserta tersebut terpaksa jalan sendiri. Tak hanya itu saja, para peserta juga tetap harus membayar apartemen di Jepang karena cek yang diberikan pada para peserta adalah cek palsu.

"Aku juga enggak cek sih, dia sudah bohong dari awal. Adi bilang temanku sudah DP Rp 11 juta, ternyata temanku cuma DP Rp 7 juta. Aku percaya aja," tutur Dwi.

"Terus aku kan sudah DP Rp 10 juta, harusnya sudah dapat issue tiket karena uangnya sudah cukup," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X