Wajib Berendam Tanpa Busana, 7 Aturan Masuk Onsen di Jepang

Kompas.com - 13/12/2019, 09:35 WIB
Ilustrasi onsen di Jepang. ShutterstockIlustrasi onsen di Jepang.

JEPANG, KOMPAS.com - Onsen dikenal sebagai tempat berendam air panas ala orang Jepang. Meski zaman sudah modern, budaya onsen di Jepang masih ada hingga kini.

Kompas.com bersama rekan-rekan jurnalis yang mengikuti uji internasional roaming Smartfren, berkesempatan mencoba onsen.

Kami mencobanya saat menginap di Hotel Jiragonno Fujino Yakata, Narusawa-mura, Yamanashi.

Pemandu wisata kami, Dwi Andi Listiawan mengatakan, beberapa hotel di Jepang memang memiliki fasilitas onsen untuk para tamunya.

Baca juga: Dogo Onsen, Permandian Air Panas Tertua dan Terpopuler di Jepang

Tenang saja, onsen di sini dipisah bagi pria dan wanita.

Rugi jika tidak mencoba onsen ketika berada di Jepang. Onsen dengan suhu air panas mencapai 40 derajat celsius itu dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

"Berendam di onsen bagus untuk melancarkan peredaran darah. Apalagi saat musim dingin seperti ini. Bikin rileks juga," ujar Andi.

Andi menyarankan onsen dilakukan sebelum tidur. Hal ini untuk membantu membuat tidur nyenyak setelah hampir seharian beraktivitas.

Namun, sebelum memasuki onsen, Andi membacakan aturannya atau tata cara masuk onsen. Aturan ini umum untuk dipatuhi saat berendam onsen di Jepang.

Baca juga: 3 ?Onsen? dengan Pemandangan Alam yang Indah di Kanagawa

Berikut ini 7 aturan berendam di onsen yang dirangkum Kompas.com.

Pintu masuk onsen di Hotel Jiragonno Fujino Yakata, Narusawa-mura, Yamanashi, Jepang.KOMPAS.com/DIAN MAHARANI Pintu masuk onsen di Hotel Jiragonno Fujino Yakata, Narusawa-mura, Yamanashi, Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X