6 Makanan Legendaris di Surabaya, Cocok untuk yang Lapar Tengah Malam

Kompas.com - 15/01/2020, 20:02 WIB
Rawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. KOMPAS.com/SHERLY PUSPITARawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.


JAKARTA, KOMPAS.com - Makan malam di Surabaya terbilang menyenangkan. Warga Kota Pahlawan doyan bersantap sampai lewat tengah malam.

Wisata kuliner malam hari dapat menambah seru liburanmu saat berkunjung ke Surabaya. Berikut 6 tempat makan malam legendaris di Surabaya yang menawarkan makanan khas:


1. Rawon Setan

Rawon setan merupakan salah satu menjadi makanan legendaris di Surabaya. Mendengar Namanya saja sudah langsung mengetahui jika kuah dari rawon ini sangat pedas. Rawon setan menghidangkan kuah rawon yang hitam pekat dan daging sapi yang empuk.

Baca juga: Tanpa Keluwak, Sumenep Punya Rawon Merah

Kaldu sapi berbaur dengan bumbu-bumbu dapur sehingga rasanya pedas, asin dan gurih. Jenis daging yang ditawarkan cukup bervariasi, terdapat daging, lemak, jeroan hingga buntut sapi.

Rasa dari kuah rawon yang kental seimbang dengan kesegaran dari tauge mentah diatasnya, ditambah rasa gurih dari bawang merah.

Rawon tambah nikmat jika disantap dengan telur asin sebagai makanan pendamping. Tak lupa juga kerupuk udang yang gurih, agar rasanya semakin mantap.

Rawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Rawon Setan yang warungnya terletak di Jalan Embong Malang nomor 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

Rawon Setan - Embong Malang berada di Jalan Embong Malang Nomor 78/I, Genteng. Rumah makan ini melayani pembelinya dari pukul 8.00-23.00. Satu porsi rawon dihargai Rp 34.000 per mangkoknya.


2. Tahu Tek


Tahu tek merupakan hidangan yang terdiri dari tahu, telur, kentang, tauge dan lontong yang dilumuri dengan bumbu kacang dicampur dengan petis. Telur dadar dicampur dengan tahu setengah matang sebagai protein dalam hidangan ini. Sebagai sentuhan terakhir, ditambahakan kerupuk di atas bumbu kacangnya.

Baca juga: Apa Bedanya Gado-gado Betawi dan Surabaya?

Tahu tek biasanya dijual pada malam hari di Surabaya. Bunyi yang sangat familiar dari pedagang tahu ini adalah "tek....tek....tekk," dari bambu yang dupukul dengan tongkat bambu kecil.

Untuk menikmati tahu tek dengan rasa yang nikmat kamu bisa menghampiri rumah makan Tahu Tek Pak Jayen di Jalan Dharma Husada Indah I Blok C Nomor 2, Mulyorejo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X