Air Tahiti Nui Pecahkan Rekor Rute Penerbangan Terpanjang Dunia 2020 karena Covid-19

Kompas.com - 14/04/2020, 18:12 WIB
Maskapai penerbangan asal Perancis, Air Tahiti Nui yang catatkan rekor penerbangan terpanjang 2020. shutterstockMaskapai penerbangan asal Perancis, Air Tahiti Nui yang catatkan rekor penerbangan terpanjang 2020.


KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Air Tahiti Nui TN064 mencatatkan rekor dunia dengan penerbangan terpanjang 2020.

Maskapai ini terbang dari Papeete, Polinesia Perancis ke Paris, Perancis dengan jarak 9.775 mil dan waktu tempuh 15 jam 45 menit. 

Penerbangan dengan pesawat Boeing 787 Dreamliner ini terbang non stop (tanpa henti). 

Rekor penerbangan terpanjang yang terjadi pada 14 Maret 2020 ini sebenarnya di luar rute reguler. 

Baca juga: Bagaimana Tren Wisatawan Setelah Pandemi Corona Berakhir?

Melansir Airfarewatchdog, penerbangan Air Tahiti Nui biasanya mencakup persinggahan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Namun karena pembatasan untuk mencegah penyebaran virus corona menyebabkan pesawat tak dapat singgah di sana. Pesawat jadi terpaksa terbang non stop. 

Sebelumnya, rekor penerbangan terpanjang dicatat oleh Singapore Airlines yang terbang 9.534 mil dari Singapura ke Newark, New Jersey, Amerika Serikat.

Menanggapi hal ini, perusahaan penerbangan asal Perancis itu dengan cepat mengatakan bahwa rute tersebut hanya berlaku sekali saja.

Ilustrasi Papeete di Polinesia Perancis. Dok. Azamara Ilustrasi Papeete di Polinesia Perancis.

 

Rute ini tidak akan menjadi penerbangan yang dijadwalkan reguler.

Alih-alih terhubung melalui Los Angeles, Air Tahiti Nui justru akan membuat persinggahan masa depan di Pointe-a-Pitre, Guadeloupe (pulai di perairan Karibia).

Baca juga: Pandemi Corona Bisa Bangun Pariwisata Berkelanjutan

Pesawat berjenis Boeing 787 ini diketahui dapat menampung sebanyak 330 penumpang. Namun, pada penerbangan tersebut hanya membawa 130 penumpang.

Melansir Airfarewatchdog, sedikitnya penumpang membuat pesawat memiliki bahan bakar tambahan yang cukup untuk melakukan penerbangan panjang tanpa henti.

Untuk melihat rincian penerbangan internasioal, seperti jadwal terkini terkait pandemi virus corona dapat mengunjungi situs resmi FlightAware.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X