Nasi Sisa Dibikin Jadi Camilan Enak? Coba Resep Kroket Nasi

Kompas.com - 13/05/2020, 15:35 WIB
ilustrasi kroket Ulie Sebayang / shutterstockilustrasi kroket

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu memiliki nasi sisa lebih baik jangan dibuang. Namun bisa diolah menjadi kroket nasi untuk kudapan saat sahur atau buka puasa.

Baca juga: Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi, Perhatikan Tekstur Nasi

Untuk mengolahnya kamu perlu menggunakan bahan sisa lauk yang ada di dapurmu, seperti ayam, tahu, tempe, daging sapi, dan masih banyak lagi.

"Kalau umpamanya ada lauk ayam atau sapi yang berkuah, nasinya bisa dicampur dengan kuahnya lalu ayamnya bisa dimasukkan ke dalam nasi," jelas Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto kepada Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

Setelah lauk dimasukkan, gulung nasi hingga berbentuk bola-bola kecil. Selanjutnya lumuri dengan kocokan telur dan dibaurkan dengan tepung panir atau tepung roti, lalu digoreng.

Ilustrasi menggoreng kroket. Kroket biasanya berbahan dasar kentang, tetapi nasi sisa juga bisa dijadikan camilan satu ini.SHUTTERSTOCK/KAZOKA Ilustrasi menggoreng kroket. Kroket biasanya berbahan dasar kentang, tetapi nasi sisa juga bisa dijadikan camilan satu ini.

"Sajian ini tujuannya untuk memanfaatkan nasi sisa, kalau lebih menarik lagi jika lauknya ayam sambal matah bisa saja. Atau rawon juga bisa, nasinya tidak usah dicampurkan dengan rawonnya, dagingnya saja dicincang sedikit lalu dimasukkan ke dalamnya, digulung," jelas Gatot.

Jika lauknya memiliki cita rasa pedas, kamu bisa menambahkan nasi lebih banyak agar rasanya seimbang.

Chef Gatot memberikan resep kroket nasi yang sederhana dengan lauk tempe bakar. Berikut resepnya.

Resep praktis kroket nasi

Bahan-bahan

  • 1 siung bawang putih
  • 3 cabai rawit ( tergantung selera)
  • 1 cm kencur
  • 3 lbr daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • 150 gr tempe
  • 400 gr nasi putih
  • 1 telur
  • 100 gr tepung roti

Ilustrasi kroket kentang dengan cabai hijau. Selain kentang, nasi sisa juga bisa dibikin menjadi kroket.SHUTTERSTOCK/PRASETYOBIE Ilustrasi kroket kentang dengan cabai hijau. Selain kentang, nasi sisa juga bisa dibikin menjadi kroket.

Cara membuat kroket nasi

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X