Tempat Wisata Lhokseumawe Buka, Diawasi Sesuai Protokol Covid-19

Kompas.com - 08/06/2020, 21:49 WIB
Dermaga Pertamina di Lhokseumawe. SHUTTERSTOCK/LAUDEIQBALDermaga Pertamina di Lhokseumawe.

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh, resmi membuka obyek wisata di seluruh kecamatan dalam kabupaten itu.

Namun, pemerintah memastikan seluruh pengunjung menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti mengenakan masker, jaga jarak, dan tersedia hand sanitizer.

Baca juga: Tempat Wisata Lhokseumawe Tetap Buka di Tengah Wabah Corona

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, Lhokseumawe, Diana Rosa, menyebutkan timnya sudah menggelar rapat gabungan dengan seluruh instansi tentang pembukaan obyek wisata di kota itu.

“Nanti setiap obyek wisata ditentukan ada satu koordinator yang bertanggung jawab penuh keamanan dan ketertiban objek wisata. Pengelolaan setiap objek wisata di serahkan kepada muspika (camat, koramil dan kapolsek),” katanya.

Sedangkan posisi Pemerintah Kota Lhokseumawe sebagai pengawas untuk seluruh obyek wisata itu.

Alat hidangan penganan pengantin baru koleksi Museum Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/10/2019)KOMPAS.com/MASRIADI Alat hidangan penganan pengantin baru koleksi Museum Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (19/10/2019)

“Nanti akan dibuatkan detail maklumat Wali Kota Lhokseumawe tentang standar obyek wisata dengan kaitannya protokol kesehatan Covid-19. Kami harap, masyarakat tetap patuh protokol kesehatan walau sedang berwisata,” katanya.

Dia menyebutkan, obyek wisata pantai, gunung, dan sejarah juga diberlakukan aturan yang sama.

“Prinsipnya silakan ke obyek wisata, namun tetap patuh protokol kesehatan. Ini untuk kebaikan diri sendiri dan keluarga serta wisatawan di lokasi wisata,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya menutup seluruh obyek wisata untuk menghindari kerumuman masyarakat dan memangkas rantai penyebaran virus corona. Dua bulan terakhir obyek wisata tanpa kegiatan. Bahkan dipasang portal penutup jalan agar masyarakat tidak ke lokasi wisata.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X