KILAS

Sosialisasikan Covid-19 Lewat Game, Kemenparekraf Fasilitasi 7 Pengembang Game Lokal

Kompas.com - 16/06/2020, 19:22 WIB
Telekonference terkait Gelora 2020 Dok. Humas KemenparekrafTelekonference terkait Gelora 2020


KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menetapkan tujuh pengembang game lokal untuk difasilitasi dalam kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia ( Gelora) 2020.

Terkait hal tersebut, Direktur Industri Kreatif Film Televisi dan Animasi, Kemenparekraf, Syaifullah mengatakan, pihaknya menggandeng insan kreatif dan beberapa perusahaan untuk melakukan kampanye pencegahan Covid-19 melalui game kreatif dalam kegiatan Gelora ini.

"Dalam kegiatan Gelora 2020, fasilitasi ini dilakukan untuk mewujudkan ide pengembangan game terkait sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah Covid-19," katanya.

Menurut dia, tujuan utama dari Gelora 2020 adalah untuk mendorong kreasi anak bangsa dalam menciptakan game-game yang inovatif.

Baca juga: Kemenpar Panggil Pengusaha OYO dan Red Doors, Untuk Apa?

Lebih lanjut, ia mengatakan, dukungan terhadap gerakan ini kemudian berkembang begitu luas. Beberapa pengembang dan penerbit game Indonesia turut merespon langsung pesan dari Gelora 2020.

Penerbit dan pengembang game tersebut berharap, pesan Gelora 2020 bisa diterima lebih banyak orang melalui game yang sedang dikembangkan ataupun sudah dirilis.

Sebagai informasi, salah satu pengembang dan penerbit game Indonesia tersebut adalah Megaxus Infotech.

Penerbit game papan atas Indonesia ini mengungkapkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan kampanye Gelora 2020 melalui sebuah game mobile yang tengah mereka kembangkan.

Baca juga: Kemenpar Sebut Red Doorz dan OYO Hanya Kos-kosan

Selain itu, Yayasan Teknologi untuk Indonesia juga menyatakan siap membantu untuk membawa pesan-pesan sosialisasi Gelora 2020 dalam game mobile mereka yang sudah rilis.

Game tersebut bertajuk Dawn of Civilization, Game for Charity  yang merupakan game edukasi gratis ciptaan Solve Education! Indonesia. Game ini bisa dimainkan tanpa memakai kuota internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X