Liburan ke Desa Wisata Osing Banyuwangi, Bisa Belajar Tari Gandrung

Kompas.com - 22/07/2020, 10:21 WIB
Festival  Tumpeng Sewu Sewu yang digelar di Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (24/8/2017). ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGIFestival Tumpeng Sewu Sewu yang digelar di Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (24/8/2017).

KOMPAS.com – Banyuwangi terkenal dengan pertunjukan Tari Gandrung yang kerap dilakukan melalui sebuah festival di Pantai Boom.

Namun, jika ingin lihat pertunjukan tari selain di festival, atau mencoba belajar tarian tersebut--kamu bisa berkunjung ke Desa Wisata Osing.

Desa wisata tersebut terletak di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Head of Domestic Products Panorama JTB Tours, Rery Sankyo, menuturkan, saat berkunjung ke desa tersebut, wisatawan bisa coba mengikuti beberapa program pelatihan tari gandrung.

Tari gandrung, mengutip National Geographic Indonesia, awalnya hanya ada pada saat hajatan atau dihadirkan dengan bayaran, sebelum kian berkembang dan banyak diminati.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Pertunjukan tari tersebut memiliki sejarah yang menggambarkan perjuangan masyarakat Banyuwangi melawan penjajahan kolonial sebelum tahun 1800-an.

“Di situ sering mengadakan pertunjukan. Desa wisata ini melestarikan budaya asli suku Osing, termasuk gandrung,” kata Rery dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Banyuwangi, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Selasa (21/7/2020).

Kendati bisa mempelajari tari gandrung, namun Rery menuturkan, gerakan yang diajarkan mungkin hanya gerakan dasar yang mudah.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X