Ragunan Tambah Kapasitas Pengunjung Jadi 2000 Orang Selama Pandemi

Kompas.com - 01/08/2020, 19:02 WIB
Petugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/APRILLIO AKBARPetugas memberi makan Jerapah (Giraffa) di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan tetap melakukan perawatan terhadap seluruh satwa selama pandemi COVID-19.

KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menambah kapasitas jumlah kunjungan dari 1.000 menjadi 2.000 orang pengunjung mulai Sabtu (1/8/2020).

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana
mengatakan, penambahan ini untuk mengakomodir kedatangan warga ke kebun binatang tersebut yang terus meningkat sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan.

"Betul kita sudah menambah kapasitas kunjungan jadi 2.000 orang per hari sejak tiga pekan lalu," kata Ketut dilansir dari Antara.

Baca juga: Ada Jam Operasional Baru, Ragunan Buka 20 Juni 2020

Menurut Ketut, jumlah pengunjung tertinggi selama masa PSBB Transisi hanya mencapai 1.800 orang lebih, belum ada yang mencapai 2.000 orang.

Jumlah tersebut tercatat pada libur kunjungan sekitar tiga pekan yang lalu. "Paling tinggi itu cuma 1.800-an, belum pernah mencapai 2.000," ujar Ketut.

Kebun binatang di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut kembali dibuka untuk umum pada 20 Juni 2020, setelah ditutup selama tiga bulan lebih sejak 14 Maret 2020.

Sejak dibuka, Taman Margasatwa Ragunan membatasi jumlah pengunjung.

Baca juga: Seminggu Buka, Begini Suasana Pantai Ancol pada Akhir Pekan

Jika biasanya pada hari normal jumlah pengunjung mencapai 5.000 dan 25 ribu orang di akhir pekan, maka selama PSBB pelonggaran jumlah pengunjung dibatasi hanya 1.000 orang.

Pembatasan ini untuk memastikan pengunjung menerapkan protokol kesehatan dengan tidak berkerumun saat berwisata di kebun binatang.

Untuk membatasi pengunjung, Ragunan memberlakukan pendaftaran secara daring (online) bagi pengunjung.

Selain itu untuk mendeteksi kondisi kesehatan pengunjung, tidak memiliki riwayat sedang sakit demam atau flu.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X