Wisata Pantai Tiga Warna Malang, Snorkeling Lihat Indahnya Terumbu Karang

Kompas.com - 26/08/2020, 09:10 WIB
Pengunjung menikmati keelokan Pantai Tiga Warna di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, September lalu. Pantai Tiga Warna menyuguhkan keelokan alam, berpadu dengan nuansa konservasi mangrove dan wisata petualangan. KOMPAS/DAHLIA IRAWATIPengunjung menikmati keelokan Pantai Tiga Warna di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, September lalu. Pantai Tiga Warna menyuguhkan keelokan alam, berpadu dengan nuansa konservasi mangrove dan wisata petualangan.

KOMPAS.com - Malang memiliki pilihan wisata pantai yang beragam dan menarik, salah satunya adalah Pantai Tiga Warna.

Selain tempat wisata, pantai yang dibuka pada pertengahan 2014 ini merupakan kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Sesuai namanya, Pantai Tiga Warna memiliki gradasi dari tiga warna, yaitu biru, hijau, dan coklat kemerahan.

Warna-warna tersebut berasal dari kedalaman permukaannya, biru pada sisi terdalam, hijau pada sisi terdangkal, dan coklat kemerahan pada pasir pantai.

Menariknya, meskipun berlokasi di pantai selatan--kondisi ombak Pantai Tiga Warna lebih tenang dan merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.

Selain itu, pantai yang tergolong kecil ini berhadapan langsung dengan Pulau Sempu yang menambahkan keindahan pemadangan di pantai ini.

Baca juga: Terlena di Pantai Tiga Warna...

Lantas, apa saja yang menarik dari Pantai Tiga Warna?

  • Main di pantai yang bersih

Pantai Tiga Warna yang merupakan bagian dari kawasan konservasi harus tetap terjaga kebersihannya 

Oleh karena itu, ada pemeriksaan ketat terkait barang bawaaan sebelum memasuki kawasan pantai.

Barang bawaan pengunjung yang berpotensi menjadi sampah akan didata dan diperiksa kembali saat kembali dari pantai.

Jika saat diperiksa kembali tidak sama dengan data, dan terbukti meninggalkan sampah di pantai, maka akan dikenakan denda.

Pengunjung juga lebih disarankan untuk membawa bekal, karena di area Pantai Tiga Warna tidak ada warung.

Baca juga: 7 Wisata Pantai di Malang Selatan, Ada Pantai Balekambang

  • Snorkeling

Pantai Tiga Warna menjadi satu-satunya spot snorkeling di pantai selatan, Malang. Sebab, kondisi air di sana tenang dan jernih, sehingga cocok untuk snorkeling.

Kondisi tersebut berbeda dengan dengan pantai selatan Malang lainnya yang memiliki ombak yang besar.

Selain itu, status Pantai Tiga Warna sebagai kawasan konservasi juga turut mendukung aktivitas snorkeling, karena memiliki berbagai macam terumbu karang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X